Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Sejarah MATAN dan Biografi Kiai Hamdani Mu’in

Sejarah MATAN dan Biografi Kiai Hamdani Mu’in

Oleh M. Abdullah Badri*

Dr. KH. Hamdani Mu’in (lahir di Subang 5 April 1971) merasa gerah atas munculnya radikalisme, pragmatisme, hedonisme dan kurangnya adab di kalangan anak muda, terutama aktivis mahasiswa kampus (hlm. 168). Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo Semarang tersebut memikirkan ini sejak tahun 2004. Bertahun-tahun diskusi, belum ada solusi.

Kiai Hamdani kemudian mengomunikasan kegelisahannya ke banyak tokoh. Puncaknya, sekitar tahun 2008 Hamdani menemukan jalan keluarnya dari Habib Luthfi Bin Yahya, Pekalongan, agar mendirikan MATAN, nama yang diusulkan Habib Luthfi langsung (hlm. 177). MATAN adalah kepanjangan Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah.

Setelah itu, Kiai Hamdani menyiapkan berdirinya MATAN selama bertahun-tahun. Namun deklarasi yang dijanjikan oleh Habib Luthfi Bin Yahya selalu ditunda. Kiai Hamdani sempat kecewa. “Saya tidak ingin MATAN lahir karena nafsu,” demikian ungkap Habib Luthfi. Kiai Hamdani sadar, semangat menggebu untuk lekas mendapatkan deklarasi MATAN dari Habib Luthfi, ternyata nafsu (hlm. 182).

Pelajaran itu ditangkap Kiai Hamdani dengan sangat baik. Dia berjanji akan membesarkan MATAN ikhlash tanpa nafsu dan tidak akan mengecewakan sang guru, Habib Luthfi Bin Yahya, Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN), sebuah Badan Otonom (Banom) NU di bidang tarekat.

Setelah MATAN dideklarasikan pada 14 Januari 2012, bersamaan dengan Muktamar JATMAN ke-XI di Malang, MATAN resmi menjadi anak kandung JATMAN dengan posisinya sebagai lajnah mustaqillah (lembaga khusus) yang kepemimpinannya langsung berada di bawah Rais Aam JATMAN, Habib Luthfi bin Yahya.

Kiai Hamdani menyebut MATAN sebagai tasawuf pergerakan. Bersama dengan pengurus inti MATAN, Kiai Hamdani merumuskan asasul khomsah (lima dasar ideologi), yakni: tafaqquh fid-din (mengasah ketajaman intelektual), iltizamut tha’ah (taat pada Allah, Rasul-Nya, dan ulil amri), Tasfiyatul Qulub wa Tazkiyatun Nafs (pembersihan hati dan penyucian diri), Hifdzul Aurod wal Adzkar (menjaga sunnah Nabi dan dzikir) serta Khidmah lil Ummah (darmabakti kepada manusia dan bangsa).

Lima dasar gerakan MATAN di itu harus dimiliki oleh seluruh kader MATAN, dengan puncaknya, ber-khidmah (mengabdi) tanpa tendensi apapun. Khidmah inilah yang disebut Kiai Hamdani sebagai high politic (politik tingkat tinggi).

Suluk Matan
Husni Mubarok, penulis buku “Tasawuf Pergerakan” ini bersaksi, Kiai Hamdani adalah tipe pemimpin yang total dalam mengabdi tanpa pamrih. Saat mengisi pengajian rutin selama tujuh tahun di Masjid Baitussalam, Bebengan, Kendal misalnya, Husni berkisah bahwa Kiai Hamdani tidak pernah mau menerima bisyaroh sama sekali dari jama’ah (hlm. 145). Itulah khidmah, yang merupakan puncak dari ilmu.

Dengan MATAN, Kiai Hamdani berharap akan muncul sosok Imam Ghazali baru, yang kapasitas intelektualnya diimbangi dengan kualitas kedalaman spiritual. Keringnya spiritualitas aktivis pemuda bisa mengubah kepribadian mereka menjadi sosok yang anti nasionalisme, mementingkan diri sendiri dan kelompoknya, bahkan bisa merugikan bangsa dan negara. MATAN jadi oase.

Fenomena aktivis muda yang menuduh Pancasila thoghut dan merasa benar sendiri bisa diatasi dengan jalan thoriqoh-tasawuf, sebagaimana digelorakan dalam kaderisasi MATAN yang disebut dengan Sultan (Suluk MATAN) Tahap I, II maupun III, lengkap dengan kegiatan rutin wajib pengurus MATAN, mulai dari Majelis Ilmu (Cafe Sufi), Majelis Dzikir hingga Majelis Khidmah.

Sejak 2012, pengurus MATAN sudah berdiri di 10 Provinsi, 44 kabupaten dan 11 komisariat (kampus & pesantren). Sepeninggal Kiai Hamdani, yang wafat pada 22 Desember 2019 di usia 48 tahun, Ketua Umum PP. MATAN yang ditunjuk adalah Dr. Hasan Chabibie.

Buku Husni Mubarok ini sangat lengkap mengisahkan profile hidup Kiai Hamdani dan sejarah MATAN. Saking detailnya, banyak kisah pribadi yang sulit diungkap bila penulis bukanlah orang dekat. Ya. Husni Mubarok berhasil memotret biografi guru, dosen dan sekaligus mertuanya tersebut dengan baik, di bukunya ini.

Tidak berlebihan bila buku berjudul lengkap “Tasawuf Pergerakan: Sejarah Berdirinya MATAN dan Jalan Pengabdian Hamdani Mu’in” layak disebut buku pokok untuk para pemuda, khususnya kader MATAN di seluruh Indonesia.

Dengan utuh membacanya, Anda bukan hanya mengenal sejarah, visi dan misi pergerakan MATAN, tapi juga mengenali pemikiran KH. Dr. Hamdani Mu’in, pendiri, ideolog dan penerjemah gerakan sufisme JATMAN untuk kalangan milenial, agar tidak kering berperadaban.[]

*M. Abdullah Badri, tinggal di Jepara.

=======

IDENTITAS BUKU:
JUDUL: Tasawuf Pergerakan; Sejarah Berdirinya MATAN dan Jalan Pengabdian Hamdani Mu’in
PENULIS: Husni Mubarok
PENERBIT: CV Bintang Semesta Media, Yogyakarta
TEBAL: xxii + 305 halaman
CETAKAN: Pertama, April 2024

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Unquestionably believe that which you stated. Your favorite justification seemed to be on the net the easiest thing to be aware of. I say to you, I definitely get annoyed while people think about worries that they plainly don’t know about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

  • I have not checked in here for a while since I thought it was getting boring, but the last several posts are great quality so I guess I’ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend πŸ™‚

  • Π˜ΠΌΠ±ΠΈΡ€ΡŒ β€” это ΡƒΠ΄ΠΈΠ²ΠΈΡ‚Π΅Π»ΡŒΠ½Ρ‹ΠΉ ΠΊΠΎΡ€Π΅Π½ΡŒ, ΠΊΠΎΡ‚ΠΎΡ€Ρ‹ΠΉ ΠΎΠ±Π»Π°Π΄Π°Π΅Ρ‚ мноТСством ΠΏΠΎΠ»Π΅Π·Π½Ρ‹Ρ… свойств. Он ΠΏΠΎΠΌΠΎΠ³Π°Π΅Ρ‚ ΡƒΠΊΡ€Π΅ΠΏΠΈΡ‚ΡŒ ΠΈΠΌΠΌΡƒΠ½ΠΈΡ‚Π΅Ρ‚, ΡƒΠ»ΡƒΡ‡ΡˆΠΈΡ‚ΡŒ ΠΏΠΈΡ‰Π΅Π²Π°Ρ€Π΅Π½ΠΈΠ΅ ΠΈ ΡΠΏΡ€Π°Π²ΠΈΡ‚ΡŒΡΡ с простудными заболСваниями. Π˜ΠΌΠ±ΠΈΡ€ΡŒ Π°ΠΊΡ‚ΠΈΠ²Π½ΠΎ ΠΈΡΠΏΠΎΠ»ΡŒΠ·ΡƒΠ΅Ρ‚ΡΡ Π² ΠΊΡƒΠ»ΠΈΠ½Π°Ρ€ΠΈΠΈ ΠΈ ΠΌΠ΅Π΄ΠΈΡ†ΠΈΠ½Π΅ благодаря своим ΠΏΡ€ΠΎΡ‚ΠΈΠ²ΠΎΠ²ΠΎΡΠΏΠ°Π»ΠΈΡ‚Π΅Π»ΡŒΠ½Ρ‹ΠΌ ΠΈ Π°Π½Ρ‚ΠΈΠ±Π°ΠΊΡ‚Π΅Ρ€ΠΈΠ°Π»ΡŒΠ½Ρ‹ΠΌ свойствам. РСгулярноС ΡƒΠΏΠΎΡ‚Ρ€Π΅Π±Π»Π΅Π½ΠΈΠ΅ имбиря способствуСт ΡƒΠ»ΡƒΡ‡ΡˆΠ΅Π½ΠΈΡŽ ΠΎΠ±Ρ‰Π΅Π³ΠΎ самочувствия ΠΈ ΠΏΠΎΠ²Ρ‹ΡˆΠ΅Π½ΠΈΡŽ ΠΆΠΈΠ·Π½Π΅Π½Π½ΠΎΠ³ΠΎ тонуса.

  • Π˜ΠΌΠ±ΠΈΡ€ΡŒ β€” это ΡƒΠ΄ΠΈΠ²ΠΈΡ‚Π΅Π»ΡŒΠ½Ρ‹ΠΉ ΠΊΠΎΡ€Π΅Π½ΡŒ, ΠΊΠΎΡ‚ΠΎΡ€Ρ‹ΠΉ ΠΎΠ±Π»Π°Π΄Π°Π΅Ρ‚ мноТСством ΠΏΠΎΠ»Π΅Π·Π½Ρ‹Ρ… свойств. Он ΠΏΠΎΠΌΠΎΠ³Π°Π΅Ρ‚ ΡƒΠΊΡ€Π΅ΠΏΠΈΡ‚ΡŒ ΠΈΠΌΠΌΡƒΠ½ΠΈΡ‚Π΅Ρ‚, ΡƒΠ»ΡƒΡ‡ΡˆΠΈΡ‚ΡŒ ΠΏΠΈΡ‰Π΅Π²Π°Ρ€Π΅Π½ΠΈΠ΅ ΠΈ ΡΠΏΡ€Π°Π²ΠΈΡ‚ΡŒΡΡ с простудными заболСваниями. Π˜ΠΌΠ±ΠΈΡ€ΡŒ Π°ΠΊΡ‚ΠΈΠ²Π½ΠΎ ΠΈΡΠΏΠΎΠ»ΡŒΠ·ΡƒΠ΅Ρ‚ΡΡ Π² ΠΊΡƒΠ»ΠΈΠ½Π°Ρ€ΠΈΠΈ ΠΈ ΠΌΠ΅Π΄ΠΈΡ†ΠΈΠ½Π΅ благодаря своим ΠΏΡ€ΠΎΡ‚ΠΈΠ²ΠΎΠ²ΠΎΡΠΏΠ°Π»ΠΈΡ‚Π΅Π»ΡŒΠ½Ρ‹ΠΌ ΠΈ Π°Π½Ρ‚ΠΈΠ±Π°ΠΊΡ‚Π΅Ρ€ΠΈΠ°Π»ΡŒΠ½Ρ‹ΠΌ свойствам. РСгулярноС ΡƒΠΏΠΎΡ‚Ρ€Π΅Π±Π»Π΅Π½ΠΈΠ΅ имбиря способствуСт ΡƒΠ»ΡƒΡ‡ΡˆΠ΅Π½ΠΈΡŽ ΠΎΠ±Ρ‰Π΅Π³ΠΎ самочувствия ΠΈ ΠΏΠΎΠ²Ρ‹ΡˆΠ΅Π½ΠΈΡŽ ΠΆΠΈΠ·Π½Π΅Π½Π½ΠΎΠ³ΠΎ тонуса.

  • Янтарная настойка β€” это ΠΏΡ€ΠΈΡ€ΠΎΠ΄Π½ΠΎΠ΅ срСдство, ΠΊΠΎΡ‚ΠΎΡ€ΠΎΠ΅ ΠΎΠ±Π»Π°Π΄Π°Π΅Ρ‚ ΡƒΠ½ΠΈΠΊΠ°Π»ΡŒΠ½Ρ‹ΠΌΠΈ свойствами, ΠΏΠΎΠ»Π΅Π·Π½Ρ‹ΠΌΠΈ для Π·Π΄ΠΎΡ€ΠΎΠ²ΡŒΡ. Она ΠΏΠΎΠΌΠΎΠ³Π°Π΅Ρ‚ ΡƒΠΊΡ€Π΅ΠΏΠΈΡ‚ΡŒ ΠΈΠΌΠΌΡƒΠ½ΠΈΡ‚Π΅Ρ‚, ΡƒΠ»ΡƒΡ‡ΡˆΠΈΡ‚ΡŒ ΠΎΠ±ΠΌΠ΅Π½ вСщСств ΠΈ ΠΏΠΎΠ²Ρ‹ΡΠΈΡ‚ΡŒ ΠΎΠ±Ρ‰ΠΈΠΉ тонус ΠΎΡ€Π³Π°Π½ΠΈΠ·ΠΌΠ°. Янтарная настойка содСрТит сукцинаты, ΠΊΠΎΡ‚ΠΎΡ€Ρ‹Π΅ ΡΠΏΠΎΡΠΎΠ±ΡΡ‚Π²ΡƒΡŽΡ‚ Π²ΠΎΡΡΡ‚Π°Π½ΠΎΠ²Π»Π΅Π½ΠΈΡŽ ΠΊΠ»Π΅Ρ‚ΠΎΠΊ ΠΈ ΠΎΠ±Π΅ΡΠΏΠ΅Ρ‡ΠΈΠ²Π°ΡŽΡ‚ ΠΎΡ€Π³Π°Π½ΠΈΠ·ΠΌ энСргиСй, Π½Π΅ΠΎΠ±Ρ…ΠΎΠ΄ΠΈΠΌΠΎΠΉ для Π°ΠΊΡ‚ΠΈΠ²Π½ΠΎΠΉ ΠΆΠΈΠ·Π½ΠΈ ΠΈ Π±ΠΎΡ€ΡŒΠ±Ρ‹ со стрСссами. РСгулярноС ΡƒΠΏΠΎΡ‚Ρ€Π΅Π±Π»Π΅Π½ΠΈΠ΅ этой настойки ΠΏΠΎΠΌΠΎΠ³Π°Π΅Ρ‚ ΠΏΠΎΠ΄Π΄Π΅Ρ€ΠΆΠΈΠ²Π°Ρ‚ΡŒ Π·Π΄ΠΎΡ€ΠΎΠ²ΡŒΠ΅ ΠΈ ΠΌΠΎΠ»ΠΎΠ΄ΠΎΡΡ‚ΡŒ.

  • Янтарная настойка β€” это ΠΏΡ€ΠΈΡ€ΠΎΠ΄Π½ΠΎΠ΅ срСдство, ΠΊΠΎΡ‚ΠΎΡ€ΠΎΠ΅ ΠΎΠ±Π»Π°Π΄Π°Π΅Ρ‚ ΡƒΠ½ΠΈΠΊΠ°Π»ΡŒΠ½Ρ‹ΠΌΠΈ свойствами, ΠΏΠΎΠ»Π΅Π·Π½Ρ‹ΠΌΠΈ для Π·Π΄ΠΎΡ€ΠΎΠ²ΡŒΡ. Она ΠΏΠΎΠΌΠΎΠ³Π°Π΅Ρ‚ ΡƒΠΊΡ€Π΅ΠΏΠΈΡ‚ΡŒ ΠΈΠΌΠΌΡƒΠ½ΠΈΡ‚Π΅Ρ‚, ΡƒΠ»ΡƒΡ‡ΡˆΠΈΡ‚ΡŒ ΠΎΠ±ΠΌΠ΅Π½ вСщСств ΠΈ ΠΏΠΎΠ²Ρ‹ΡΠΈΡ‚ΡŒ ΠΎΠ±Ρ‰ΠΈΠΉ тонус ΠΎΡ€Π³Π°Π½ΠΈΠ·ΠΌΠ°. Янтарная настойка содСрТит сукцинаты, ΠΊΠΎΡ‚ΠΎΡ€Ρ‹Π΅ ΡΠΏΠΎΡΠΎΠ±ΡΡ‚Π²ΡƒΡŽΡ‚ Π²ΠΎΡΡΡ‚Π°Π½ΠΎΠ²Π»Π΅Π½ΠΈΡŽ ΠΊΠ»Π΅Ρ‚ΠΎΠΊ ΠΈ ΠΎΠ±Π΅ΡΠΏΠ΅Ρ‡ΠΈΠ²Π°ΡŽΡ‚ ΠΎΡ€Π³Π°Π½ΠΈΠ·ΠΌ энСргиСй, Π½Π΅ΠΎΠ±Ρ…ΠΎΠ΄ΠΈΠΌΠΎΠΉ для Π°ΠΊΡ‚ΠΈΠ²Π½ΠΎΠΉ ΠΆΠΈΠ·Π½ΠΈ ΠΈ Π±ΠΎΡ€ΡŒΠ±Ρ‹ со стрСссами. РСгулярноС ΡƒΠΏΠΎΡ‚Ρ€Π΅Π±Π»Π΅Π½ΠΈΠ΅ этой настойки ΠΏΠΎΠΌΠΎΠ³Π°Π΅Ρ‚ ΠΏΠΎΠ΄Π΄Π΅Ρ€ΠΆΠΈΠ²Π°Ρ‚ΡŒ Π·Π΄ΠΎΡ€ΠΎΠ²ΡŒΠ΅ ΠΈ ΠΌΠΎΠ»ΠΎΠ΄ΠΎΡΡ‚ΡŒ.

  • Врадиционная ΠΌΠ΅Π΄ΠΈΡ†ΠΈΠ½Π° прСдставляСт собой ΠΎΠ±ΡˆΠΈΡ€Π½ΠΎΠ΅ наслСдиС, Π²ΠΊΠ»ΡŽΡ‡Π°ΡŽΡ‰Π΅Π΅ знания ΠΎ Π»Π΅Ρ‡Π΅Π½ΠΈΠΈ Ρ€Π°Π·Π»ΠΈΡ‡Π½Ρ‹Ρ… Π·Π°Π±ΠΎΠ»Π΅Π²Π°Π½ΠΈΠΉ с ΠΏΠΎΠΌΠΎΡ‰ΡŒΡŽ ΠΏΡ€ΠΈΡ€ΠΎΠ΄Π½Ρ‹Ρ… срСдств. Π­Ρ‚ΠΈ ΠΌΠ΅Ρ‚ΠΎΠ΄Ρ‹ ΠΏΠ΅Ρ€Π΅Π΄Π°Π²Π°Π»ΠΈΡΡŒ ΠΈΠ· поколСния Π² ΠΏΠΎΠΊΠΎΠ»Π΅Π½ΠΈΠ΅ ΠΈ Π΄ΠΎ сих ΠΏΠΎΡ€ находят ΠΏΡ€ΠΈΠΌΠ΅Π½Π΅Π½ΠΈΠ΅ Π² соврСмСнном ΠΌΠΈΡ€Π΅. ВравяныС настои, настойки ΠΈ компрСссы ΠΏΡ€ΠΎΠ΄ΠΎΠ»ΠΆΠ°ΡŽΡ‚ ΠΈΡΠΏΠΎΠ»ΡŒΠ·ΠΎΠ²Π°Ρ‚ΡŒΡΡ для лСчСния мноТСства Π·Π°Π±ΠΎΠ»Π΅Π²Π°Π½ΠΈΠΉ, ΠΎΡ‚ простуды Π΄ΠΎ Π±ΠΎΠ»Π΅Π΅ ΡΠ΅Ρ€ΡŒΠ΅Π·Π½Ρ‹Ρ… хроничСских Π½Π΅Π΄ΡƒΠ³ΠΎΠ².

  • Врадиционная ΠΌΠ΅Π΄ΠΈΡ†ΠΈΠ½Π° прСдставляСт собой ΠΎΠ±ΡˆΠΈΡ€Π½ΠΎΠ΅ наслСдиС, Π²ΠΊΠ»ΡŽΡ‡Π°ΡŽΡ‰Π΅Π΅ знания ΠΎ Π»Π΅Ρ‡Π΅Π½ΠΈΠΈ Ρ€Π°Π·Π»ΠΈΡ‡Π½Ρ‹Ρ… Π·Π°Π±ΠΎΠ»Π΅Π²Π°Π½ΠΈΠΉ с ΠΏΠΎΠΌΠΎΡ‰ΡŒΡŽ ΠΏΡ€ΠΈΡ€ΠΎΠ΄Π½Ρ‹Ρ… срСдств. Π­Ρ‚ΠΈ ΠΌΠ΅Ρ‚ΠΎΠ΄Ρ‹ ΠΏΠ΅Ρ€Π΅Π΄Π°Π²Π°Π»ΠΈΡΡŒ ΠΈΠ· поколСния Π² ΠΏΠΎΠΊΠΎΠ»Π΅Π½ΠΈΠ΅ ΠΈ Π΄ΠΎ сих ΠΏΠΎΡ€ находят ΠΏΡ€ΠΈΠΌΠ΅Π½Π΅Π½ΠΈΠ΅ Π² соврСмСнном ΠΌΠΈΡ€Π΅. ВравяныС настои, настойки ΠΈ компрСссы ΠΏΡ€ΠΎΠ΄ΠΎΠ»ΠΆΠ°ΡŽΡ‚ ΠΈΡΠΏΠΎΠ»ΡŒΠ·ΠΎΠ²Π°Ρ‚ΡŒΡΡ для лСчСния мноТСства Π·Π°Π±ΠΎΠ»Π΅Π²Π°Π½ΠΈΠΉ, ΠΎΡ‚ простуды Π΄ΠΎ Π±ΠΎΠ»Π΅Π΅ ΡΠ΅Ρ€ΡŒΠ΅Π·Π½Ρ‹Ρ… хроничСских Π½Π΅Π΄ΡƒΠ³ΠΎΠ².

  • Π’ Π½Π°Ρ€ΠΎΠ΄Π½ΠΎΠΉ ΠΌΠ΅Π΄ΠΈΡ†ΠΈΠ½Π΅ сущСствуСт мноТСство ΠΌΠ΅Ρ‚ΠΎΠ΄ΠΎΠ² лСчСния абсцСсса Π½Π°Ρ€ΠΎΠ΄Π½Ρ‹ΠΌΠΈ срСдствами, ΠΊΠΎΡ‚ΠΎΡ€Ρ‹Π΅ Π²ΠΊΠ»ΡŽΡ‡Π°ΡŽΡ‚ использованиС Ρ€Π°Π·Π»ΠΈΡ‡Π½Ρ‹Ρ… Ρ‚Ρ€Π°Π² ΠΈ настоСв. Π­Ρ‚ΠΈ ΠΌΠ΅Ρ‚ΠΎΠ΄Ρ‹ ΠΏΠΎΠΌΠΎΠ³Π°ΡŽΡ‚ ΡƒΠΌΠ΅Π½ΡŒΡˆΠΈΡ‚ΡŒ воспалСниС, ΡΠ½ΠΈΠ·ΠΈΡ‚ΡŒ Π±ΠΎΠ»Π΅Π²Ρ‹Π΅ ощущСния ΠΈ ΡƒΡΠΊΠΎΡ€ΠΈΡ‚ΡŒ процСсс заТивлСния. Π’Π°ΠΊΠΈΠ΅ Π½Π°Ρ‚ΡƒΡ€Π°Π»ΡŒΠ½Ρ‹Π΅ срСдства, ΠΊΠ°ΠΊ каланхоэ, алоэ ΠΈ Π·Π²Π΅Ρ€ΠΎΠ±ΠΎΠΉ, ΠΎΠ±Π»Π°Π΄Π°ΡŽΡ‚ антисСптичСскими ΠΈ Ρ€Π°Π½ΠΎΠ·Π°ΠΆΠΈΠ²Π»ΡΡŽΡ‰ΠΈΠΌΠΈ свойствами, Ρ‡Ρ‚ΠΎ Π΄Π΅Π»Π°Π΅Ρ‚ ΠΈΡ… эффСктивными Π² Π±ΠΎΡ€ΡŒΠ±Π΅ с абсцСссами.

  • Π˜Π·ΡƒΡ‡Π΅Π½ΠΈΠ΅ Π΄Ρ€Π΅Π²Π½ΠΈΡ… ΠΌΠ΅Ρ‚ΠΎΠ΄ΠΎΠ² лСчСния позволяСт Π»ΡƒΡ‡ΡˆΠ΅ ΠΏΠΎΠ½ΡΡ‚ΡŒ, ΠΊΠ°ΠΊ наши ΠΏΡ€Π΅Π΄ΠΊΠΈ Π±ΠΎΡ€ΠΎΠ»ΠΈΡΡŒ с Ρ€Π°Π·Π»ΠΈΡ‡Π½Ρ‹ΠΌΠΈ заболСваниями, ΠΈΡΠΏΠΎΠ»ΡŒΠ·ΡƒΡ ΠΈΡΠΊΠ»ΡŽΡ‡ΠΈΡ‚Π΅Π»ΡŒΠ½ΠΎ ΠΏΡ€ΠΈΡ€ΠΎΠ΄Π½Ρ‹Π΅ срСдства. Π­Ρ‚ΠΈ ΠΌΠ΅Ρ‚ΠΎΠ΄Ρ‹ Π²ΠΊΠ»ΡŽΡ‡Π°Π»ΠΈ Π² сСбя использованиС Ρ‚Ρ€Π°Π², настоСв, компрСссов ΠΈ Π΄Ρ€ΡƒΠ³ΠΈΡ… срСдств, ΠΊΠΎΡ‚ΠΎΡ€Ρ‹Π΅ ΠΏΠΎΠΌΠΎΠ³Π°Π»ΠΈ людям ΡΠΏΡ€Π°Π²Π»ΡΡ‚ΡŒΡΡ с Π½Π΅Π΄ΡƒΠ³Π°ΠΌΠΈ Π±Π΅Π· примСнСния соврСмСнной Ρ…ΠΈΠΌΠΈΠΈ. Знания, ΠΏΠ΅Ρ€Π΅Π΄Π°Π²Π°Π΅ΠΌΡ‹Π΅ ΠΈΠ· поколСния Π² ΠΏΠΎΠΊΠΎΠ»Π΅Π½ΠΈΠ΅, ΠΏΡ€ΠΎΠ΄ΠΎΠ»ΠΆΠ°ΡŽΡ‚ ΠΎΠΊΠ°Π·Ρ‹Π²Π°Ρ‚ΡŒ влияниС Π½Π° соврСмСнныС ΠΏΠΎΠ΄Ρ…ΠΎΠ΄Ρ‹ ΠΊ Π»Π΅Ρ‡Π΅Π½ΠΈΡŽ ΠΈ ΠΎΠ·Π΄ΠΎΡ€ΠΎΠ²Π»Π΅Π½ΠΈΡŽ.