Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Polres Jepara Latihan Sispamkota Antisipasi Kerawanan Pemilu 2024

Polres Jepara menggelar latihan sistem keamanan Kota (Sispamkota) untuk antisipasi kerawanan dalam Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Jepara (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar latihan sistem keamanan Kota (Sispamkota) untuk antisipasi kerawanan dalam Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Jepara.

Latihan di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara pada Senin (25/9/2023) dengan melibatkan sekitar 500 personel.

Berbagai aksi pengendalian dipraktekkan seperti pengendalian massa, negosiasi, hingga penyemprotan air dan gas air mata saat terjadi kerusuhan.

Latihan Sispamkota kota melibatkan jajaran personel Polres Jepara, Kodim 0719/Jepara, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan stakeholeder terkait.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menuturkan simulasi ini menandai pihaknya sudah memiliki SOP penanganan kerawanan Pemilu.

“Tempat-tempat strategis sudah kita mapping yang ada di wilayah Jepara. Tentunya kita berlakukan pola-pola keamanan baik secara preemtif, preventif, maupun represif,” terangnya.

Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono menambahkan, latihan Sispamkota menjadi bentuk peningkatan kualitas, kemampuan, ketrampilan baik perorangan maupun kesatuan, kesiapan alat, serta cara bertindak.

Materi yang dilatihkan diantaranya pelaksanaan KRYD, pengamanan tahapan dan insfrastruktur pemilu, penanganan massa, penanganan setelah kerusuhan massa.

Sementara itu, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta berharap tak terjadi kerusuhan atau unjuk rasa di Jepara saat gelaran Pemilu 2024.

“Situasi aman dan kondusif. Simulasi keamanan ini untuk menyiagakan diri, mengukur, dsn memetakan potensi dan deteksi dini gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama pagelaran tahun politik 2024,” terangnya.

Ia berpesan agar semua pihak memahami betul peran tugas masing-masing sesuai SOP.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *