Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Fakta dan Keunikan Kabupaten Kudus Bagian 1

Kompleks Menara Kudus (Foto: Detikcom)

KlikFakta.com, KUDUS – Setiap daerah tentu punya fakta dan keunikan kearifan lokalnya tersendiri, tak terkecuali Kudus.

Kudus, sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan peninggalan bersejarah Sunan Jafar Shodiq atau Sunan Kudus. Masih tetap berdiri di dekat pusat kota, Menara Kudus menjadi simbol pergerakan dakwah Islam dan pembangunan masyarakat.

Sudah lebih dari 400 tahun berdiri sejak Sunan Kudus membangun Menara Kudus, kabupaten ini menyimpan beragam fakta menarik untuk menggambarkannya sebagai “kota santri” dan tujuan wisata yang menarik.

Asal Nama

Ijazah wilayah yang diberikan Amir di Palestina untuk Ja’far Shodiq (Foto: Pemkab Kudus)

Nama Kudus tak lepas dari dakwah Sunan Kudus, Jafar Shodiq. Setelah mendapat ijazah wilayah, Jafar Shodiq meminta memindahkan wewenang wilayah ke Jawa. Kemudian mendirikan masjid yang diberi nama Masjid Al Aqsa. Sementara wilayah kewenangan itu Sunan Kudus beri nama Al Quds atau nama lain dari Kota Yerussalem.

Wisata Religi yang Memukau

kompleks makam Sunan Muria (Foto: Merdeka)

Kudus punya tempat perhentian bagi para peziarah Walisongo. Yakni Kompleks Menara Kudus, yang mana terdapat Menara Kudus yang memadukan budaya Islam dan Hindu, Masjid Al-Aqsa, serta makam Sunan Kudus.

Tak hanya itu, di Gunung Muria juga terdapat makam Sunan Muria yang senantiasa ramai peziarah.

Batik khas Kudus

Batik motif parijoto menara, salah satu motif khas Kudus yang menggambar alam dan nuansa Islam Menara Kudus (Foto: Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik "Batik Kudus Motif Parijoto: Bentuk, Makna, dan Fungsinya)
Batik motif parijoto menara, salah satu motif khas Kudus yang menggambar alam dan nuansa Islam Menara Kudus (Foto: Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik “Batik Kudus Motif Parijoto: Bentuk, Makna, dan Fungsinya”)

Karakteristik batik pesisiran yang penuh warna berpadu dengan motif alam dan nuansa Islam kental dalam batik khas Kudus.

Ada pula yang membuat batik Kudus ini unik, yakni isen-isen yang padat dan rumit. Selain itu, latar belakang motif seperti beras wutah dan kembang randu rapat mengisi batik.

Meski sempat mati suri, batik Kudus kini kembali hidup melalui para pengrajin yang karyanya telah mendunia. Sebut saja Muria Batik Kudus (IG: @muriabatik) ataupun Omah Batik-Ku (IG: @omah_batik_ku).

Untuk memperdalam pemahaman tentang karakteristik batik Kudus mohon ikuti link ini.

Tentu saja Kabupaten Kudus memiliki keunikan dan fakta menarik lebih dari ini, pastikan untuk ikuti bagian kedua untuk tahu lebih banyak soal Kota Santri ini!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *