Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Tes Psikologi bagi Guru di Jepara Bakal Digelar Tindak Lanjut Arahan Mensos

Ilustrasi kekerasan seksual (Freepik)

KlikFakta.com, JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara akan segera menindaklanjuti permintaan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini untuk menggelar tes psikologi bagi guru.

Permintaan itu adalah buntut dari kasus dugaan kepala sekolah yang melakukan pencabulan terhadap siswanya serta anak 13 tahun yang jadi korban sodomi sesama jenis.

“Saya minta kepada pak Pj Bupati bagaimana memuat kesibukan anak sehingga mereka beraktivitas dan tidak berfikir yang macam-macam. Kemudian untuk dunia pendidikan saya sarankan seluruh guru dites,” kata Risma dalam kunjungannya ke Mapolres Jepara, Senin (15/5).

Terkait hal itu, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta memastikan akan menggelar tes secara bertahap.

“Iya, itu (tes psikologi) bagus. Nanti akan dilaksanakan bertahap,” kata Edy, melansir Medcom, Rabu (17/5/2023).

Pihaknya akan menyerahkan pelaksanaan tes psikologis ini kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Bukan hanya tes psikologi bagi guru di jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) saja. Tes psikologi ini juga akan menyasar guru sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Karena itu, Edy mengatakan pihaknya akan “kordinasikan dulu dengan provinsi karena kaitannya guru SMA-SMK”.

Hal ini berkaitan dengan korban kekerasan seksual yang ternyata ada di jenjang SMA juga. “Ini seperti permasalahan gunung es,” ucapnya.

Sedangkan soal kegiatan siswa, Pemkab Jepara akan menambah kegiatan kompetisi olahraga. Sehingga anak-anak bisa sibuk dengan kegiatan yang positif.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *