Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Teluk Awur Wakili Jepara Lomba Desa Tingkat Provinsi

Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan mewakili Jepara masuk dalam nominasi lima besar lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah 2024

KlikFakta.com, JEPARA – Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan mewakili Jepara masuk dalam nominasi lima besar lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah 2024.

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta menyatakan optimistis Desa Teluk Awur mampu memberikan yang terbaik dan keluar sebagai juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Optimisme ini karena pada 2023 lalu, Desa Plajan, Kecamatan Pakisaji juga keluar sebagai desa terbaik, ketika mewakili Kabupaten Jepara di ajang serupa untuk tingkat provinsi.

“Teluk Awur adalah desa mandiri dan salah satu desa wisata di Kabupaten Jepara yang memiliki banyak inovasi,” kata Edy Supriyanta saat menerima rombongan tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Jateng, Selasa (4/6/2024), yang mengunjungi Desa Teluk Awur, untuk melakukan penilaian dan verifikasi lapangan.

Tema yang diusung dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 ini adalah “Stabilitas Politik, Sosial, dan Ekonomi Mewujudkan Desa/Kelurahan Berdaya Saing Menuju Indonesia Emas”.

Pemkab Jepara telah memberikan dukungan penuh pada ajang lomba desa tingkat kabupaten dan memberikan hadiah senilai 1 miliar untuk desa yang meraih juara satu. Sebelumnya, lomba desa tingkat kabupaten telah dilaksanakan dan Teluk Awur berhasil keluar sebagai desa terbaik sehingga berhak maju ke tingkat provinsi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Tengah yang diwakili Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dedy Setiawan, mengatakan tujuan lomba desa ini di antaranya untuk mengevaluasi kinerja pemerintah desa terkait tugas, pokok dan fungsi dan sarana apresiasi dari pemerintah provinsi sebagai penghargaan kinerja untuk desa dan semua komponen masyarakat.

Penilaian lomba desa ini akan difokuskan dalam penelitian dan verifikasi dokumen di antaranya RPJMDes (red-Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) dan RKPDes (red-Rencana Kerja Pembangunan Desa) 2 tahun terakhir. Indikator penilaian lain adalah peningkatan instrumen perkembangan evaluasi desa terkait inovasi desa, wisata desa, dan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“PADes Teluk Awur yang mencapai sekitar Rp300 juta lebih sungguh menjadi kontribusi pembiayaan yang signifikan,” kata Dedy.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *