Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Paket Rokok Ilegal dari Luar Jawa ke Jepara Diungkap Bea Cukai

puluhan ribu batang rokok ilegal yang ditemukan petugas Bea Cukai Kudus dari sebuah bangunan di Kecamatan Welahan, Jepara (Foto: Akurat.co)

KlikFakta.com, KUDUS –¬†Kantor Bea Cukai Kudus kembali menggagalkan kasus peredaran rokok ilegal dari luar Jawa ke Kabupaten Jepara lewat paket ekspedisi.

“Keberhasilan dalam pengungkapan rokok ilegal tersebut merupakan hasil kerja tim Macan Kumbang Muria Bea Cukai Kudus dalam menganalisis sejumlah informasi terkait dengan peredaran rokok ilegal,” kata Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus Sandy Hendratmo Sopan, Jumat (17/5/2024).

Biasanya Kabupaten Jepara menjadi lokasi pembuatan rokok ilegal untuk diedarkan ke daerah luar. Namun dalam kasus ini rokok ilegal berasal dari Indragiri Hilir, Riau.

Hasil pengungkapan awal, petugas menemukan lima paket berisi rokok jenis SPM tanpa dilekati pita cukai.

Selanjutnya petugas berkoordinasi dengan pihak jasa pengiriman di Tahunan untuk melakukan pemantauan terhadap pengiriman paket tersebut.

Setelah paket sampai ke penerima di Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, petugas lalu menindak dan mengamankan penerima paket rokok ilegal itu.

Penerima rokok ilegal, kata dia, mengakui masih ada pengiriman lima paket barang yang sedang dalam pengiriman menuju Jepara.

Setelah paket tersebut sampai di tujuan di Jepara, tim KPPBC Kudus mengamankan kembali sehingga total ada 85.000 batang rokok ilegal tanpa pita cukai.

“Barang bukti yang diamankan dari penindakan pada tanggal 12 Mei 2024, yakni rokok ilegal sebanyak 85.000 batang yang siap dikirim ke alamat pemesannya oleh agen jasa pengiriman di Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara,” jelas Sandy.

Sandy memperkirakan nilai barang rokok ilegal tersebut sebesar Rp124,5 juta dengan potensi kerugian negara sebesar Rp86,57 juta.

“Modus pengiriman rokok ilegal melalui jasa pengiriman barang memang sudah sering terjadi. Kami tentu berterima kasih kepada pihak jasa pengiriman atas sinergi dan kolaborasi yang dilakukan dalam rangka memberantas rokok ilegal,” ujarnya.

Sumber: ANTARA JATENG

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *