Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kirab Ratu Kalinyamat Sambut Penganugerahan Pahlawan Nasional

Iring-iringan kirab Ratu Kalinyamat yang dinobatkan menjadi pahlawan nasional digelar Pemerintah Kabupaten Jepara pada Senin (13/11/2023) (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Iring-iringan kirab Ratu Kalinyamat yang dinobatkan menjadi pahlawan nasional digelar Pemerintah Kabupaten Jepara pada Senin (13/11/2023).

Kirab dimulai dari perbatasan Demak-Jepara di Desa Gedangan dan mampir di Makam Mantingan untuk berziarah di Makam Ratu Kalinyamat.

Arak-arakan berisi Pj Bupati Jepara, Kapolres Jepara, Kodim 0719/ Jepara, dan OPD lain. Ada pula peraga Ratu Kalinyamat beserta dayangnya.

Selama arak-arakan, nampak para siswa berbagai jenjang mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, hingga SMA berjejer di samping jalan.

Mereka membawa benderan merah putih, foto Ratu Kalinyamat berukuran kecil, dan spanduk. Selain itu, ada pula marching band dari SMP N 6 Jepara.

Usai mampir di Makam Mantingan, rombongan kirab melanjutkan ke Pendopo R.A Kartini.

Penjabat Bupati Edy Supriyanta menyebut, kirab tersebut sebagai wujud syukur atas penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada Ratu Kalinyamat.

Ia menambahkan, keberhasilan mendapat gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat adalah buah perjuangan luar biasa.

“Gelar ini harus kita tindak lanjuti dengan jiwa ksatria. Jadikan Ratu Kalinyamat sebagai semangat untuk memberi kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat Jepara,” katanya.

Setelah diterimanya penghargaan anugerah gelar Pahlawan Nasional Indonesia, Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta mengganti nama Mall Pelayanan Publik (MPP) menjadi Ratu Kalinyamat Mall.

“Setelah menerima penghargaan anugerah gelar pahlawan nasional kami akan melakukan peresmian pergantian Mall Pelayanan Publik (MPP) menjadi Ratu Kalinyamat Mall Pelayanan Publik.

Kirab juga dihadiri Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dan budayawan nasional Sujiwo Tejo, Forkopimda, Serta Kepala Perangkat Daerah di Jepara.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *