Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Rayakan HUT Kudus ke 474 Dengan Kesenian Wayang Orang

Pagelaran Wayang Orang Cokro Bawono menarik antusias ratusan warga untuk menyaksikan di Balai Jagong, Kudus

KlikFakta.com, KUDUS – Semarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 474 Kota Kretek, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menggelar pagelaran wayang orang yang dihadiri ratusan warga di Balai Jagong, Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus┬ápada Jumat (8/9) malam.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Mutrikah mengatakan gelaran Wayang Orang ‘Cokro Bawono’ ini sebagai penglipur bagi warga masyarakat di Kabupaten Kudus.

“Usai kita diterpa pandemi Covid-19, kini saatnya masyarakat dapat kembali guyub bersama menikmati kesenian budaya wayang orang,” paparnya.

Kepala Disbudpar Kudus, Mutrikah

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa wayang orang ini merupakan kesenian tradisional yang asli dimiliki oleh masyarakat dan wajib dilestarikan.

“Kita harus melestarikan kesenian tradisional ini dengan memberi perlindungan untuk mereka tetap eksis dan kita bina sehingga kesenian ini masih tetap terjaga dan hiburan ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat,” katanya.

Mutrikah berharap dengan adanya kesenian tradisional ini dapat menambah kecintaan masyarakat akan budaya yang dimiliki serta dapat membantu pelaku usaha untuk terus menggerakan roda perekonomian di Kota Kretek. (JIM/GIAN)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *