Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

DPRD Jepara Sahkan Perubahan APBD 2023, Pj Bupati Pastikan Tindaklanjuti Masukan

Pengesahan perubahan APBD 2023 yang berlangsung di Graha Paripurna DPRD Jepara, Rabu (23/8/2023) (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara menyetujui usulan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara.

Ranperda disahkan pada rapat paripurna yang berlangsung di Graha Paripurna DPRD Jepara pada Rabu (23/8/2023).

Dalam paripurna tersebut diputuskan bahwa Pendapatan dalam APBD 2023 sebelum perubahan senilai Rp2,39 T turun menjadi Rp2,36 T. Untuk belanja dalam APBD yang semula Rp2,51 T turun menjadi Rp2,50 T.

Sementara untuk defisit yang awalnya Rp127 M naik menjadi Rp140 M. Kenaikan sekitar Rp13 M atau 5,7 persen.

Beberapa fraksi di dewan pun memberikan masukan atas perubahan APBD. Seperti Gerinda yang menginginkan agar Pemkab Jepara konsisten penggunaan anggaran agar tidak terjadi tarik ulur defisit yang sejumlah Rp140 miliar atau 5,7 persen melebihi standar dari kementrian.

Salah satu dewan dari PDIP Hariyanto juga berharap agar alokasi anggaran dapat digunakan untuk kegiatan yang menjaga independensi para perangkat organisasi pimpinan daerah (OPD) hingga perangkat di pemerintahan desa.

Selain itu, dewan lain juga meminta pengelolaan APBD untuk kepentingan pelayanan publik wajib dasar serta mampu mengendalikan inflasi di Jepara.

Pemkab Jepara juga diminta agar semaksimal mungkin mengoptimalkan potensi Jepara agar menunjang pendapatan daerah.

Sementara itu, Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menyatakan siap untuk menindaklanjuti masukan dari dewan.

“Kita sudah menandatangani persetujuan bersama rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD 2023. Tentunya saran masukan dari Banggar dan fraksi yang sudah saya terima tadi akan kami tindaklanjuti dan kami mengucapkan terimakasih”, kata Edy.

Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif juga berharap Pemerintah Kabupaten Jepara dapat secara efektif menggunakan sumber daya yang ada demi kemajuan masyarakat Jepara.

“Bekerja secara optimal sehingga pelaksanaan pembangunan dapat dilaksanakan secara tepat waktu, tepat guna, tepat sasaran dan bisa maksimal. Serta kinerja dapat diwujudkan untuk kesejahteraan masyarakat Jepara,” katanya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *