Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Antisipasi Bencana, Ketua DPRD Imbau Warga Pahami Kesiapsiagaan

Pelatihan identifikasi dan sosialisasi daerah rawan bencana yang berlangsung di Balai Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan Welahan pada Senin (28/8/2023) (istimewa)

KlikFakta.com, JEPARA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara berharap masyarakat memiliki pemahaman mengenai kesiapsiagaan dan antisipasi bencana.

Dia menyampaikan hal tersebut di depan peserta pelatihan identifikasi dan sosialisasi daerah rawan bencana yang berlangsung di Balai Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan Welahan pada Senin (28/8/2023).

Gus Haiz, sapaan akrabnya menerangkan pentingnya pemahaman berbagai potensi bencana di Jepara.

“Waspadai bersama adanya bencana antisipasi ketika nencana seperti gempa bumi, banjir, dan kekeringan,” katanya.

Gus Haiz menyebut bencana juga dapat terjadi karena ulah manusia yang terus mengeruk sumber daya dan yang dapat menimbulkan resiko bencana.

“Mengambil sumber daya alam bagus namun dapat terjadi resiko bencana alam. Kerusakan dalam kaidah fiqh mencegah kerusakan lebih baik daripada mengambil kemanfaatan,” jelas Gus Haiz.

“Jadi boleh ambil manfaatnya, namun terus dijaga juga agar tidak terjadi kerusakan yang sangat besar,” lanjutnya.

Nantinya para relawan dapat berbagi informasi ke keluarga maupun lingkungan.

Sementara itu, Sekda Jepara Edy Sujatmiko meminta warga di lokasi rawan ikut menjaga segala sumber daya yang selama ini bermanfaat dalam pengurangan risiko dan mitigasi bencana. Masyarakat juga diminta menjaga kelestarian alam demi mengurangi potensi bencana alam.

“Seperti di sekitar kita ini. Siapa yang bisa mencegah banjir? Tapi kita bisa mengurangi dampaknya. Misalnya melihat tanggul yang retak, kita bisa berperan memperbaikinya. Kita juga harus menjaga kelestarian alam dengan menanam tanaman keras,” kata Edy.

Di musim kemarau yang rawan bencana kebakaran, dia juga meminta warga mengantisipasi potensi bencana. Dengan begitu, tingkat kerawanan bencana dapat berkurang. adv

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *