Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pemkab Kudus bersama TNI/Polri dan Stakeholder Bersiap Antisipasi Kebakaran

Bupati Kudus Hartopo mengecek kesiapan sarpras pemadaman kebakaran dalam apel gelar pasukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Foto: Diskominfo Kudus)

KlikFakta.com, KUDUS – Pemkab Kudus bersama unsur TNI/Polri serta stakeholder terkait menggelar apel persiapan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal ini berkenaan dengan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang El Nino yang menghantam Indonesia tahun ini. Fenomena ini akan menyebabkan kemarau lebih panjang dan esktrem serta potensi kebakaran hutan dan lahan.

“Apel ini bagian dari upaya kesiapan personel dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kudus,” kata Hartopo saat memimpin apel gelar pasukan di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Kamis (24/8/2023).

Apel ini juga bertujuan mengecek kesiapan sarana dan prasarana untuk menganggulangi kebakaran hutan dan lahan, serta permukiman akibat kemarau.

Ia berharap apel yang menghadirkan seluruh personel dan sarpras pemadaman kebakaran bisa jadi momentum meningkatkan sinergi dan koordinasi.

“Apel karhutla jangan hanya jadi kegiatan seremonial saja. Di harap dapat meningkatkan sinergi dan koordinasi antar sektor,” ucap Hartopo.

Selanjutnya, ia menyinggung trobosan untuk mengadakan alat pemadam kebakaran yang bisa menyentuh area permukiman padat penduduk. Seperti halnya alat yang bisa diangkut oleh sepeda motor.

“Kudus ini wilayah padat permukiman, akses jalan sulit dilalui damkar, maka perlunya peralatan yang memiliki potensi besar memadamkan kebakaran yang dapat diangkut oleh sepeda motor,” katanya.

Hartopo pun mengapresiasi sinergi Pemkab Kudus bersama TNI/Polri dan stakeholder terkait.

“Terimakasih serta apresiasi pada TNI/Polri dan pihak terkait. Ini adalah bentuk sinergi dengan semangat dan kekompakan untuk menyatukan antar instansi agar ada antisipasi di musim kemarau terutama terkait kebakaran, baik hutan, lahan, maupun pemukiman,” pungkasnya.

Di lain pihak, Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto mengungkapkan ada beberapa kebakaran di Kudus yang terjadi karena ketidaksengajaan. Contohnya kebakaran yang terjadi akibat ada yang membuang putung rokok sembarangan.

“Maka kita (TNI/Polri) melalui babinsa maupun bhabinkamtibmas slalu gencar memberikan sosialisasi maupun edukasi pada masyarakat sebagai upaya dini mencegah kebakaran,” ungkapnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *