Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kirab Hasil Bumi dan Tenun Troso Warnai Troso Festival 2023

gunungan tenun troso (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Sedekah bumi yang dikemas dalam Troso Festival 2023 diwarnai dengan kirab gunungan hasil bumi dan tenun troso pada Jumat (14/7/2023).

Puluhan orang berpakaian tenun dalam kirab membawa beberapa gunungan hasil bumi seperti sayuran kacang panjang, wortel, jagung dan lain-lain. Ada pula beberapa tumpeng beserta lauk pauk.

Tak hanya itu, ada peserta yang membawa lembaran kain tenun khas Troso yang sudah dipatenkan. Motif yang sudah memiliki sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adal motif Kedawung, Ampel, Belik Boyolali, dan Sicengkir.

Kirab gunungan melalui rute dari lapangan Datuk Ampel Troso, Kecamatan Pecangaan hingga Makam Mbah Senu yang merupakan tokoh desa dan juga tokoh cikal bakal adanya Tenun Troso.

Ratusan orang memadati sepanjang jalan untuk menonton kirab tersebut. Sesampainya di makam Mbah Senu, dilakukan doa atau barikan untuk memohon keberkahan dan juga sebagai wujud rasa syukur.

Petinggi Desa Troso Abdul Basir menerangkan, konsep sedekah bumi kali ini berbeda dari tahun sebelumnya karena menggandeng kelompok yang melestarikan tenun troso. Hal ini sebagai wujud kebersamaan seluruh warga.

“Muncul Kekompakan, kesatuan, guyub rukun orang Troso,” katanya.

“Mari kita uri-uri yang kita ditinggali yang dari desa semakmur ini dan luas dengan banyak penduduk,” lanjutnya.

Dalam rangkaian Troso Festival 2023 telah digelar Troso Bersholawat yang akan dilanjut dengan karnival tenun, lomba fashion show dan duta wisata Troso. Selain itu, akan digelar 3 fun (Fun bike, fun walk, fun aerobic).

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *