Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Harganas Jadi Alarm Tuntaskan Stunting dan Jaga Ketahanan Keluarga

KlikFakta.com, JEPARA – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat provinsi Jawa Tengah menjadi pengingat untuk terus berupaya dalam mentuntaskan angka stunting jaga ketahanan keluarga. Peringatan tersebut juga dipadukan dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40.

Acara yang digelar di Pantai Kartini Jepara, Sabtu (22/6/2024) itu berlangsung meriah. Tema yang diusung dalam peringatan Harganas ke-31 ini adalah “Keluarga Berkualitas menuju Indonesia Emas” sementara tema HAN ke-40 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Sekda Jateng, Sumarno mengatakan, peringatan Harganas merupakan refleksi betapa pentingnya arti sebuah keluarga. Dia menyebut keluarga adalah madrasah utama setiap manusia sekaligus titik awal yang menjadi tumpuan setiap manusia.

“Peringatan Harganas menjadi salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam merevitalisasi peran keluarga dalam mengatasi persoalan-persoalan yang menghambat cita-cita pembangunan nasional,” ujar Sumarno.

Sumarno juga menyampaikan soal tantangan bagi keluarga yang sangat berat di zaman globalisasi ini sehingga perlu untuk bersikap bijak dan seimbang dalam menghadapinya. Pada peringatan Harganas dan HAN ini, Sumarno berpesan agar jangan sampai anak-anak mencari perlindungan di luar rumah dan keluarga harus menjadi tempat pertama perlindungan bagi anak-anak.

“Keluarga di dalamnya ada anak, dan kita peringati hari anak, anak tentunya menjadi tanggung jawab kita sebagai orang tua dan anak menjadi amanah yang harus kita didik,” kata dia.

Sumarno juga menambahkan orang tua harus memerhatikan anaknya agar tidak terjadi kasus kekerasan pada anak baik secara fisik dan mental. Selain itu, dia menambahkan selama ini pihak pemerintah juga telah menekan angka perkawinan anak dengan gerakan “Jo Kawin Bocah”.

Sementara itu, Pj Bupati Jepara dalam sambutannya melaporkan terkait kondisi penanganan stunting di Kabupaten Jepara yang saat ini sudah menurun yang sebelumnya pada bulan Februari dilaporkan masih terdapat 4.080 balita sedangkan pada April sudah turun menjadi 4.041. Dia juga mengatakan Pemkab Jepara siap melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah 2024 dengan aman dan damai.

Dalam kegiatan itu, juga dibacakan delapan poin rumusan aspirasi “Suara Anak Jawa Tengah” oleh Forum Anak Jawa Tengah. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan berbagai apresiasi penghargaan dari berbagai ajang nominasi dan juga bantuan dari Pemprov Jateng untuk Pemkab Jepara.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • I loved as much as you will receive carried out right here The sketch is tasteful your authored subject matter stylish nonetheless you command get got an edginess over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this hike