Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Calon Jemaah Haji Kabupaten Jepara Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Calon jemaah haji Kabupaten Jepara mengikuti Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten Jepara di Gedung Wanita RA Kartini pada Selasa (23/4/2024) (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Semakin mendekati hari menuju tanah suci, calon jemaah haji Kabupaten Jepara mengikuti Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten Jepara. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Wanita RA Kartini pada Selasa (23/4/2024).

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Akhsan Mukhyiddin menyebut ada 1.414 calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci pada 30-31 Mei 2024. Sebanyak 318 orang di antaranya merupakan lanjut usia (lansia).

Ada 614 calon jemaah haji laki-laki dan 800 jemaah haji perempuan. Dengan calon jemaah haji tertua berumur 98 tanun dari Cepogo kembang dan termuda umur 19 tahun.

‘’Jamaah yang berusia di atas 61 tahun ada 466 Orang, sehingga petugas haji harus siap bekerja maksimal dalam pelayanan haji tahun 2024’’ ujar Akhsan.

Ia mengungkapkan jumlah yang berangkat ke tanah suci sudah termasuk petugas yang akan mendampingi. Yaitu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIHU) dan Petugas Haji Daerah (PHD).

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta melalui Staf Ahli Bupati Rini Patmini berharap para calon jemaah haji mempersiapkan kesehatan fisik dan mental untuk beribadah.

Pasalnya cuaca, lingkungan, dan budaya di Arab berbeda dengan tanah air.

“Para jemaah akan didampingi oleh petugas selama menjalankan ibadah haji mulai dari ketua kloter, pembimbing ibadah, petugas haji daerah serta tenaga kesehatan (dokter dan perawat) yang siap melayani jemaah 24 jam. Jadi jemaah tidak usah ragu untuk meminta bantuan kepada para petugas haji nantinya,”ungkap Rini.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Siti Zuliyati, menjelaskan pihaknya kini memasuki tahap persiapan tempat duduk saat penerbangan.

Sedangkan untuk bio visa haji menurutnya sudah siap 100 persen.

“Persiapan di hari-hari ini kami sedang menyiapkan kebutuhan untuk pramanifest, untuk jadwal penerbangan, penghitungan seat penerbangan Garuda. Karena harus kerja sama dengan KBIHU dalam penentuannya. Kami sudah koordinasi dengan BHU, mudah-mudahan untuk pramanifest ini bisa langsung jadi dan bisa langsung dikirimkan ke provinsi,” jelasnya.

Jemaah calon haji Jepara pada tahun ini terbagi ke dalam lima kloter, yaitu kloter 72-76.

Untuk kloter 72 nantinya akan bergabung bersama dengan jemaah Kabupaten Kudus.

Kloter 73-75 di isi full oleh jemaah calon haji Jepara, dan kloter 76 akan berangkat bersama dengan jemaah Kabupaten Pati,

Bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Jepara ini akan berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 23 sampai dengan 24 April 2024. Selanjutnya bimbingan pemantapannya di tingkat kecamatan tanggal 25 – 30 April 2024. (adv)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *