Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

8 Desa Masuk Nominasi Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Pj Bupati: Semua Punya Potensi

paparan potensi dan keunggulan desanya kepada Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta di Ruang Command Center Sekretariat Daerah Jepara, Rabu, (3/4/2024)

KlikFakta.com, JEPARA – Sebanyak 8 desa masuk menjadi nominasi lomba desa tingkat Kabupaten Jepara. Kedelapan desa tersebut menyampaikan paparan potensi dan keunggulan desanya kepada Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta di Ruang Command Center Sekretariat Daerah Jepara, Rabu, (3/4/2024).

Delapan desa tersebut antara lain Desa Bandengan, Desa Batukali, Desa Banyumanis, Desa Slagi, Desa Telukawur, Desa Jambu, Desa Bucu, dan Desa Kaligarang yang nantinya akan dipilih untuk mewakili Kabupaten Jepara dalam ajang lomba desa di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Edy menyebut, kedelapan desa memiliki keunggulan masing-masing.

“Semuanya bagus-bagus, dan punya potensi masing-masing,” ujar Edy.

Sejumlah sektor yang menjadi pokok penilaian yakni pencapaian di bidang pemerintahan, kemasyarakatan, inovasi desa, serta penanganan permasalahan di tingkat desa termasuk stunting, kemiskinan ekstrem, dan kesiapsiagaan bencana.

Pada umumnya Pj Bupati menilai paparan dari masing-masing sudah baik dan siap diajukan di tingkat provinsi.

Sementara itu Kepala Dinsospermasdes melalui Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Muh Taufik mengatakan ini merupakan tahap terakhir dari penilaian lomba desa yang pada awalnya diikuti oleh 16 desa dari masing-masing kecamatan dan dikurasi menjadi 8 besar.

“Sebelumnya kami telah melaksanakan klarifikasi lapangan, dan hari ini para petinggi yang lolos melaksanakan paparan langsung di hadapan Bapak Pj Bupati,” kata Taufik.

Menurutnya terdapat beberapa poin yang menjadi nilai tambah yakni potensi dan inovasi desa dengan cara menelisik seberapa jauh para petinggi menggali potensi desanya sehingga bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desanya.

“Hasil penilaian paparan ini akan kita gabung dengan nilai klarifikasi lapangan yang kita lakukan kemarin. Nanti akan menghasilkan juara satu, dua, tiga dan harapan satu, dua, dan tiga. Sehingga ada dua desa yang tereliminasi,” ucap Taufik.

Untuk pemenang juara satu di tingkat Kabupaten nantinya, dia meminta agar secara maksimal mempersiapkan apa yang perlu dilakukan. Sebab di bulan Mei nanti, tahapan penilaian lomba desa di tingkat provinsi akan bergulir.

“Harapan kami Kabupaten Jepara dapat mempertahankan juara satu di tingkat provinsi. Tahun 2022 kemarin Desa Tanjung berhasil juara satu, 2023 Desa Plajan juga juara satu, di tahun ini kami harap dapat mempertahankan itu,” tandasnya.

Sedangkan pengumuman lomba desa tingkat kabupaten, pihaknya mengaku belum menentukan waktu yang tepat mengingat waktu yang relatif singkat jelang persiapan lebaran Idul Fitri 2024.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *