Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

10 Ribu Pompa Air Meluncur ke Jawa Tengah

Menteri Pertanian Amran Sulaiman melepas pengiriman 10 ribu pompa air yang diangkut truk TNI ke berbagai kota/kabupaten di Jawa Tengah, Selasa (23/4/2024) (Foto: ANTARA)

KlikFakta.com –¬†Sebanyak 10 ribu pompa air dari Kementerian Pertanian meluncur untuk petani di Jawa Tengah.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan bantuan pompa air ini merupakan bagian dari upaya peningkatan produksi pertanian melalui program pompanisasi.

“Untuk Jawa Tengah tidak perlu bertahap, langsung saya serahkan 10 ribu unit,” kata Mentan Amran saat penyerahan bantuan di Semarang, Selasa (23/4/2024).

Secara keseluruhan, 10 ribu pompa air itu total nilainya mencapai Rp500 miliar hingga Rp600 miliar.

Menurut Amran, dalam empat tahun terakhir terjadi penurunan produksi pertanian lantaran adanya tekanan El Nino serta perubahan iklim yang ekstrem.

“Produksi kita turun dari 34 juta ton menjadi 30 juta ton. Kita mengalami defisit pangan sekitar 4 juta ton,” katanya.

Amran mengungkapkan, pompanisasi lahan pertanian di Pulau Jawa jadi salah satu solusi cepat untuk meningkatkan produksi pangan. “Kalau Jawa Tengah tambahan minimal 1,2 juta ton, maka defisit 3 sampai 4 juta ton selesai,” tambahnya.

Ia juga menjamin kemudahan mendapat BBM jenis solar untuk mengoperasikan alat itu.

“Saya sudah bicara dengan Menteri ESDM, cukup rekomendasi dari kepala desa untuk pembelian solar,” katanya.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menambahkan terdapat tiga sungai besar di Jateng yang bisa mendukung program pompanisasi tersebut. Yakni Sungai Bengawan Solo, Sungai Serayu, dan Sungai Lusi.

“Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi penyangga pangan nasional optimistis bisa melanjutkan tren peningkatan produksi pertanian,” katanya.

 

Sumber: ANTARA

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *