Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Hari Peduli Sampah, Pj Bupati Jepara Grebek Sampah Bareng masyarakat

Pj Bupati Jepara yang hadir dalam kegiatan grebek sampah dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di lingkungan pantai PJ Sunset Jepara, Jum’at (23/02/2024) (Diskominfo Jepara)

KlikFakta.com, JEPARA –¬†Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari jadi pengingat bagi masyarakat tentang persoalan sampah di Indonesia.

Bertepatan dengan ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara menyelenggarakan gerakan grebek sampah di lingkungan pantai PJ Sunset Jepara, Jum’at (23/02/2024).

Hadir dalam grebek sampah, Penjabat Bupati Jepara H. Edy Supriyanta beserta jajaran Forkopimda dan dari bank sampah se-Kabupaten Jepara.

Penjabat Bupati H. Edy Supriyanta mengatakan grebek sampah bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat Jepara terhadap isu pencemaran sampah plastik dan tata kelola sampah pasar.

“Saat ini, persentase pengurangan sampah kita tercatat 14.28 persen , penanganan sampah baru 40.44 persen, dan persentase sampah terkelola 54.71 persen atau terdapat 45.29 persen sampah tidak terkelola dengan baik,” jelasnya.

Dia berharap kegiatan ini bisa memperluas edukasi terkait pemilihan dan pengelolaan sampah. Sehingga nantinya bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam usaha produktif sektor pengelolaan sampah plastik.

Sementara itu, Kepala Dinas DLH Jepara Aris Setyawan berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

“Pemerintah Kabupaten Jepara bekerja sama dengan pihak lain seperti PT. PLN Persero Tanjung Jati, PT. KPJB, PT. BJP, PWI, dan HWI. Kami mewakili pemerintah Kabupaten Jepara menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya atas peran serta dedikasinya terhadap lingkungan di Jepara,” kata Aris.

DLH memperingati hari peduli sampah sebagai momentum mengkampanyekan pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup. Juga gerakan Beat Plastic Pollution (Kurangi Sampah plastik) dan perkuat program desa mandiri sampah.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *