Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Petani Jepara Terdampak Puso Dapat Bantuan Rp13 M dari Presiden Joko Widodo

Penyerahan bantuan stimulan kepada 1.400 petani berlangsung di GOR Bung Karno, Kabupaten Grobogan pada Selasa (23/1/2024) (Dok. Diskominfo Jepara)

KlikFakta.com, GROBOGAN – Kabupaten Jepara jadi satu dari lima daerah di Jawa Tengah yang dapat stimulan bagi petani terdampak gagal panen (puso) akibat banjir.

Empat daerah lain yang dapat stimulan adalah Grobogan, Kudus, Pati, dan Demak.

Penyerahan bantuan stimulan kepada 1.400 petani itu berlangsung di GOR Bung Karno, Kabupaten Grobogan pada Selasa (23/1/2024).

“Jepara mendapatkan bantuan dari Bapak Presiden sebesar Rp13,7 miliar,” kata Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta usai acara.

Ia meminta agar pemberian stimulan kepada petani secara bersih tanpa potongan.

“Saya perintahkan inspektorat dan dinas terkait untuk mengawasi,” ujar Edy.

Menurut data yang diterima Pj. Bupati, di Jepara sendiri terdapat 1.723 hektare sawah yang terdampak puso.

Bantuan senilai Rp13,7 miliar itu akan diserahkan kepada 35 kelompok tani di Jepara.

Ia berharap para petani Jepara menggunakan bantuan itu untuk menanam padi sesuai arah Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya berharap uang bantuan tersebut dapat segera diterima dan digunakan oleh petani untuk menggarap padi.

“Moga-moga realisasi uangnya segera diterima para petani dan langsung dipakai untuk tandur, tanam, tandur, tanam, dan segera panen. Kalau sudah panen kita tidak usah banyak impor-impor lagi dari negara lain,” ucapnya.

Presiden Jokowi menjelaskan, perubahan iklim membawa dampak signifikan bagi pertanian global.

Kekeringan ataupun banjir yang terjadi membuat gagal panen di banyak negara. Termasuk Indonesia.

Walhasil, beberapa negara memilih mengamankan stok beras dalam negeri ketimbang melakukan ekspor.

“Di Jawa Tengah sendiri ada 16 ribu hektare sawah yang terdampak el nino, dan banjir. Bantuan yang diberikan sudah dihitung Rp8 juta per hektare,” tandasnya. ADV

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat! Saya selalu mencari sumber berita yang dapat memberikan wawasan mendalam seperti yang diberikan oleh website ini. Sangat membantu untuk tetap terhubung dengan berita terkini dan relevan.Oh ya, sambil kita berbicara tentang keterhubungan online, jangan lupa cek juga V.af, penyedia URL shortener terbaik yang membantu mempersingkat dan menyederhanakan tautan Anda. Dengan V.af, pengalaman berbagi tautan menjadi lebih efisien dan stylish. Jangan lewatkan untuk mencoba! 👍✨