Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Penandatanganan Perjanjian Kinerja OPD, Pj Bupati Jepara: Wujudkan Intervensi Transformasi Birokrasi

Pemerintah Kabupaten Jepara melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) kepala daerah yang diikuti oleh seluruh OPD se Kabupaten Jepara di Pendopo RA Kartini, Rabu (24/1/2024) (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) kepala daerah yang diikuti oleh seluruh OPD se Kabupaten Jepara di Pendopo RA Kartini, Rabu (24/1/2024).

Hadir secara langsung oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta ditemani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko.

Pj Bupati Jepara ingin seluruh OPD melakukan penandatangan dengan kesadaran dan kejujuran untuk meningkatkan kinerja dalam pemerintahan.

“Para pimpinan perangkat daerah yang telah secara sadar, jujur, dan penuh ketulusan menandatangani Perjanjian Kinerja (PK) ini,” katanya.

Bagi Edy, dengan penandatanganan PK ini, berarti kepala OPD telah memahami semua tanggung jawab yang diemban sebagai penerima amanat.

“Sekaligus segala konsekuensinya. Reward and punishment,” ucapnya.

Menurutnya, PK harus diikuti dengan komitmen untuk mencapai target kinerja.

“Bapak Ibu bertanggung jawab penuh atas keberhasilan atau kegagalan pencapain tujuan dan sasaran instansi,” ujarnya.

Ia menyebut, PK adalah bagian penting dari penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk memastikan instansi pemerintah dalam menerapkan anggaran berbasis kinerja.

Dia menjelaskan bahwa saat ini di tahun 2023 nilai SAKIP Pemkab Jepara 65,69 dengan predikat B.

“Seperti jelas tertuang pada dokumen perencanaan RPD 2023 2026 dan RKPD 2024, target SAKIP tahun ini 2024 berpredikat BB,” jelasnya.

Ia menilai bahwa pencapaian target tersebut memang sulit, tapi bukan tidak mungkin.

“Dibutuhkan sekarang adalah komitmen saudara sebagai top leader mencapai seluruh target kinerja OPD masing masing,” ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko mencapaikan jika capaian SAKIP OPD naik, tentu SAKIP Kabupaten Jepara juga naik.

“Jadilah figur panutan, terus dorong, dan lakukan intervensi transformasi birokrasi yang efektif, efisien, transparan, akuntabel dan berkualitas,” ucapnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Hey! Your website is cool. I like the helpful stuff and the easy vibe. Thanks for your hard work! Let’s chat soon and share some cool ideas. Also, ever thought about making your links shorter? Check out my site at v.af! It’s easy to tidy them up. Come by, and let’s see how simple it can be! 🚀