Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

KPU Jepara Mulai Lipat dan Sortir Surat Suara

aktivitas pelipatan surat suara di gudang Langon, Kamis (4/1/2023) (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sebanyak 220 petugas dilibatkan dalam pelipatan 4.675.555 surat suara yang dimulai Kamis (4/1/2024) dari pukul 09:00 WIB hingga 17:00 WIB.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma mengatakan, ada empat gudang yang digunakan untuk aktivitas sortir dan lipat surat suara.

Satu gudang di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, dengan 66 petugas. Gudang 1 dan 2 di Desa Langon, Kecamatan Tahunan, masing-masing 69 dan 50 petugas.

Sedangkan gudang sekretariat Kantor KPU Jalan Yos Sudarso Jepara dengan 35 petugas.

”Kami optimalkan gudang yang ada untuk sortir dan pelipatan surat suara. Targetnya 10 hari ke depan bisa rampung,” ungkapnya di sela-sela pemantauan aktivitas pelipatan surat suara di gudang Langon, Kamis (4/1/2023).

Ris Andy menyebut, kegiatan sortir ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya surat suara rusak. Seluruh surat suara harus dipastikan sudah sesuai, sebelum
Didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS).

Untuk menjaga kerahasiaan surat suara, para petugas pelipat tidak diperbolehkan membawa ponsel atau alat rekam dalam bentuk apapun.

Surat suara yang dikeluarkan oleh KPU akan dihitung kembali dan harus sesuai saat diserahkan petugas setelah proses pelipatan.

”Keamanan dan kerahasiaan surat suara kami jaga betul,” katanya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *