Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di Jepara Diciduk Bea Cukai Kudus

Ilustrasi ratusan ribu batang rokok ilegal (Foto: Republika)

KlikFakta.com, KUDUS – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus menemukan ratusan ribu batang rokok ilegal di dua bangunan di Kabupaten Jepara.

Sebanyak 275.600 batang rokok ilegal itu disimpan di rumah di Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan.

“Lokasi yang menjadi tempat penyimpanan rokok ilegal yang berhasil diungkap itu ada di dua tempat di Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara,” kata Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus Sandy Hendratmo Sopan di Kudus, Selasa (19/12/2023).

Ia mengungkapkan, awalnya pihaknya mendapat informasi tentang bangunan yang jadi tempat penimbunan rokok ilegal. Lalu tim Bea Cukai Kudus pada Jumat (15/12) menuju lokasi untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Hasilnya, dari bangunan pertama di Desa Bakalan petugas menemukan delapan karung rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai. Tiga karung rokok jenis SKM batangan dengan jumlah 21.000 batang. Satu karung berisi 280 bungkus rokok jenis SKM tanpa dilekati pita cukai. Lima karton rokok jenis SKM batangan sejumlah 38.500 batang.

Pihaknya memperkirakan nilai rokok ilegal itu mencapai Rp153,99 juta, dengan potensi kerugian negara sebesar Rp105,54 juta.

Setelah itu di bangunan kedua, petugas mendapati 33 bal rokok jenis SKM berbagai merek tanpa dilekati pita cukai. Enam karung berisi 214 slop rokok jenis SKM berbagai merek tanpa dilekati pita cukai. Kemudian tiga karton yang berisi rokok jenis SKM dalam kondisi batangan dengan jumlah total 44.100 batang.

Perkiraan nilai barang dari ratusan ribu batang rokok ilegal itu mencapai Rp191,89 juta, dengan potensi kerugian negara sebesar Rp131,52 juta.

Bea Cukai Kudus total menyita 275.600 batang rokok ilegal dengan nilai barangnya sekitar Rp345,88 juta. Potensi kerugian negaranya Rp237,05 juta.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *