Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

81 Lansia Jepara Ikut Wisuda Sekolah Lansia

81 lansia baik laki-laki maupun perempuan mengikuti wisuda sekolah lansia standar 1 (S1) pada Jumat (17/11/2023) di Gedung Shima, Jepara (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Sebanyak 81 lansia baik laki-laki maupun perempuan mengikuti wisuda sekolah lansia standar 1 (S1) pada Jumat (17/11/2023) di Gedung Shima, Jepara.

Sebelumnya, para lansia mengikuti pembelajaran selama satu tahun di Bina Keluarga lansia “Senja Lestari”. Bertempat di Desa Cepogo, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara.

Terlihat para lansia didampingi beberapa keluarga mengikuti wisuda tersebut. Mereka tampak semringah saat wisuda.

Plt Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Perempaun Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Muh Ali menerangkan, selama satu tahun pembelajaran di sekolah lansia bertujuan meningkatkan kualitas hidup.

Ia membeberkan, di Indonesia, jumlah lansia ada sekitar 18 juta atau 7,6 persen dari populasi masyarakat.

“Walaupun lansia tidak membebani yang muda syukur-syukur bisa memenuhi kebutuhan keluarga sendiri. Lansia-lansia harapannya produktif, berkarya, dan bahagia,” terangnya.

Sekolah lansia tersebut merupakan pendanaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah.

Dengan adanya wisuda 81 lansia, ia berharap bisa menjadi stimulus agar ke depannya terus terlaksana dan tersebar di Jepara.

Sementara itu, Farida Sumarli, ketua Pokja pengendalian penduduk BKKBN Jateng menyebut, melalui sekolah lansia, mereka bisa memahami dimensi lansia tangguh dan perawatan jangka panjang.

“Adanya kader menjadi bukti nyata ternyata para kader punya effort luar biasa,” katanya.

Warsih (55) merasa bahagia telah diwisuda di jenjang S1 sekolah lansia. Ia menceritakan beberapa kegiatan di sekolah lansia seperti kegiatan senam, cek kesehatan, dan keahlian lain.

“Senang dan ikut biar tambah ilmu,” katanya.

Setelah acara wisuda usai, dilanjutkan dengan berbagai penampilan pentas seni dari para lansia.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *