Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Gus Haiz Dorong Optimalisasi Pengelolaan Sampah di Pasar

Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif atau yang akrab disapa Gus Haiz memberikan pesan kepada masyarakat di momentum bulan Maulid ini. (ISTIMEWA-KLIKFAKTA.COM)

KlikFakta.com, JEPARA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Jepara mendorong praktik pengelolaan sampah yang baik dari berbagai sektor.

Pasalnya, Jepara optimis bisa mempertahankan penghargaan adipura kencana.

Tim dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah melakukan pemantauan pada Minggu (8/10/2023).

“Yang baik itu harus dipertahankan (dan) dilestarikan. Maka adipura kencana adalah pencapaian tertinggi di bidang kebersihan. ini hal positif dan baik, kita harus bisa menjaga,” jelasnya pada Selasa (17/10/2023) di Gedung DPRD Jepara.

Namun, ia menyoroti pengelolaan sampah di pasar yang perlu dioptimalkan. Selain itu, perlu adanya revitalisasi atau rehabilitasi di pasar yang kondisinya sudah mulai memburuk.

“Kondisi pasar di Jepara banyak rusak ini yang harus dibenahi juga karena kebersihan itu karena kondisi fisik dan lantai-lantai sudah kurang terawat dan perhatian,” katanya.

“Beberapa waktu lalu blusukan ke pasar ya minta pengelola pasar untuk ditekankan kepada asosiasi-asosiasi pedagang pasar dan bidang kebersihan pasar,” lanjut Gus Haiz.

Sementara itu, Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta beberapa waktu lalu menerangkan, pasar tradisional yang menjadi titik pantau adipura harus menjadi perhatian. Pasalnya, dalam beberapa kunjungannya, Edy mendapati masih terdapat sampah yang menumpuk di beberapa sudut pasar.
“Tolong ya pasar kita di jaga kebersihannya. DLH dan Disperindag harus berkolaborasi. Pengambilan sampahnya ditambah intensitasnya jangan sampai sampah menumpuk dibiarkan,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kabupaten Jepara sukses meraih piala Adipura Kencana 16 kali. Dari jumlah itu, 15 kalinya diraih secara berturut-turut tiap tahun. Terakhir, mendapat Adipura Kencana pada 28 Februari 2023 lalu. adv

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *