Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Libur Sekolah, Museum R.A. Kartini Alami Lonjakan Pengunjung

Kunjungan dari SDN Ngabul, Jepara ke museum R.A. Kartini Jepara (Klikfakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Masa libur sekolah membuat museum R.A. Kartini alami lonjakan pengunjung. Pasalnya, museum menjadi salah satu destinasi wisata edukasi bagi para pelajar.

Terletak di pusat kota dan berdekatan dengan Alun-alun 1 Jepara membuat museum R.A. Kartini Jepara jadi tempat yang cocok.

Subkor Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Lia Supardianik menerangkan, selama libur sekolah terjadi lonjakan dibanding bulan sebelumnya.

Menurut data, bulan Juni 2023 sudah ada 3742 pengunjung museum yang didominasi oleh anak sekolah.

“Biasanya kan memang kunjungan tertinggi museum ada di liburan sekolah, akhir tahun, dan biasanya bulan april waktu peringatan hari kartini,” terangnya.

Namun pada tahun ini, kunjungan di bulan April tak seramai seperti biasanya karena bebarengan dengan bulan puasa.

“Karena puasa kunjungan terendah di bulan april hanya di anhka 650 tapi pengunjung virtual museum alami peningkatan,” kata Lia.

Ia membeberkan pengunjung merata dari tingkat PAUD hingga sekolah menengah atas/sederajat. Dan di saat liburan, kebanyakan pengunjung datang dari luar kota.

Lia menyebut tahun ini alami peningkatan 50 persen di masa liburan, pasalnya, tahun 2022 baru selesai masa pandemi.

“Sekarang sudah jadi endemi, jadi liburan semakin aman,” ungkapnya.

Lia menerangkan, di museum R.A. Kartini menyediakan pameran berbagai barang peninggalan R.A. Kartini dan keluarganya. Selain itu, ada pula sejarah tentang Jepara.

“Mereka (pengunjung) bisa mempelajari, bisa mengetahui, dan bahkan mengambil nilai-nilai positif dari R.A. Kartini dan keluarganya. Dan juga mempelajari sejarah panjang tentang Kabupaten Jepara,” jelasnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *