Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Karnaval Tenun Troso Bertabur Kreasi Tenun Ciamik

Salah satu peserta defile tenun troso dalam Troso Festival Jepara (Klikfakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Ribuan orang berduyun-duyun memadati tepi jalan Desa Troso, Kecamatan Pecangaan untuk menyaksikan kirab atau karnaval tenun troso pada Sabtu (15/7/2023) yang terkemas dalam Troso Festival 2023.

Ada 30 kelompok baik dari paguyuban, pengusaha, hingga panitia pemungutan suara Kecamatan yang turut memeriahkan perhelatan akbar tahunan tersebut.

Ini merupakan event keempat yang telah terselenggara. Tiap kelompok menampilkan defile dari tenun troso yang dibawakan oleh para model dengan ciri khas masing-masing. Iring-iringan pun tak mau ketinggalan dengan turut berpakaian tenun troso.

Sepanjang jalan, mata para penonton terpukau pada para model yang lihai dalam peragaan busana tersebut. Para penonton pun tak lupa mengabadikan momen .

Festival ini juga turut mengarak gagrakan atau alat tenun tradisional. Karnaval tenun troso semakin meriah dengan penampilan drumband, tongktek tradisional, barongan, tari-tarian dan lain-lain.

Salah satu warga yang berdomisili di Pecangaan Yusuf (26) menerangkan, baru kali mengikuti serangkaian acara Troso Festival 2023.

“Baru kali ini ikut. Ini juga sambil ambil foto dan video. Aslinya saya luar kota tapi kerja di sini,” ujarnya.

Meski cuaca terik, Yusuf merasa senang dengan adanya festival ini, sehingga dirinya bisa lebih mengetahui dan mengenali warisan budaya tak benda asli Jepara.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *