Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pemkab Jepara Berencana Buat Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Ini Alasannya

KlikFakta.com, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara berencana membuat peraturan daerah (perda) tentang pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Hal tersebut diutarakan Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat sosialisasi dan forum diskusi pembinaan ideologi Pancasila.

Acara ini digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jepara pada Rabu (07/6/2023) di Pendopo R.A. Kartini, Jepara.

Ia menambahkan, sebelum mengusulkannya ke legislatif, rancangan perda tersebut terlebih dulu akan dia konsultasikan ke BPIP.

“Baru kami konsep. Nanti mohon dukungan dari Bapak (Kepala BPIP) sehingga bisa terlaksana di Jepara,” kata Edy.

Kehidupan toleransi di Kabupaten Jepara telah lama ada dalam kehidupan masyarakat sehingga bisa mewujudkan keharmoniasan.

“Kondisi di Jepara sangat bagus, kami sangat menghargai perbedaan satu sama lain baik agama, suku maupun budaya,” ujarnya.

Ia menjelaskan Pancasila menjadi ideologi atau cara berpikir kolektif seluruh anak bangsa untuk merajut keberagaman.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyebut pihaknya siap membuka ruang komunikasi seluas-luasnya dengan Pemkan Jepara perihal pencanangan perda.

“Soal perda tadi, sangat bagus itu,” ungkapnya.

Yudian menambahkan perlu ada implementasi Pancasila dengan baik pada seluruh generasi anak bangsa tanpa terkecuali.

“Berkat Pancasila bangsa ini sekarang memiliki segala-galanya, kita patut bersyukur,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut juga terselenggara diskusi dengan pemateri Rektor IAIN Kudus Abdurrohman Kasdi, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara Mayadina Rohma Musfiroh.

Kemudian, Ketua PC GP Ansor Jepara Periode 2017-2021 Syamsul Anwar, dan Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Achmad Uzair.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *