Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kakek Kaslan Jamaah Haji Tertua 96 Tahun Asal Jepara

Kaslan, kakek usia 96 tahun yang jadi jamaah haji tertua di Jepara (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Kaslan, kakek renta berusia 96 tahun dengan antusias menceritakan kisahnya saat umroh di tahun 2015. Saat ini, ia tengah menunggu pemberangkatan haji dengan kloter 84.

“Waktu umroh saya bisa sholat di masjid Nabi terus ke kebun kurma,” terangnya menggunakan bahasa Jawa.

Ia menjadi jamaah haji tertua dari Jepara yang akan berangkat haji pada 18 Juni 2023.

Kakek asal Desa Bandungharjo RT 02/09, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara merasa bahagia karena bisa menunaikan rukun islam ke 5.

Dirinya seharusnya berangkat di tahun 2020, namun karena pandemi yang menyerang dunia, dirinya harus legowo untuk menunggu keberangkatan.

Saat gilirannya berangkat haji di tahun ini, Kaslan harus menelan pil pahit sebab sang istri sudah tiada sekitaran tahun 2018, padahal harusnya mereka berangkat bersama.

Sehari-hari bapak 7 anak tersebut adalah seorang petani. Dengan sebidang sawah yang ia jual, ia dapat ke Baitullah. Fisiknya tak begitu ringkih meski di umur hampir satu abad.

Saat ini, Kaslan rutin mengkonsumsi obat dari dokter untuk stamina dan kesehatannya agar terjaga. Ia pun sudah vaksin covid dosis 3.

Meski fungsi pendengarannya sudah berkurang, dirinya masih dapat berjalan dengan dibantu tongkat yang rencananya akan dia bawa saat haji.

“Bisa balik ya syukur kalau tidak ya entah,” katanya lirih dalam Bahasa Jawa.

Ia berharap mampu menunaikan ibadah haji dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *