Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Harkannas 2022 jadi Momen Edy Ingatkan Masyarakat Perbanyak Makan Ikan

Penyerahan bantuan secara simbolik dalam kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dalam rangka Hari Makan Ikan Nasional (Harkannas) diselenggarakan pada Senin (21/11)

KlikFakta.com, JEPARA – Kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dalam rangka Hari Makan Ikan Nasional (Harkannas) diselenggarakan pada Senin (21/11/2022) di Gedung Pertemuan Desa Kelet, Kecamatan Keling. Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta turut hadir dalam kesempatan itu.

Dirinya mengajak masyarakat untuk mengonsumsi ikan lebih banyak. “Selain sebagai sumber protein tinggi, dengan mengkonsumsi ikan sebagai upaya untuk mencegah mereka terhindar dari stunting atau gagal tumbuh,” kata Edy. 

Disampaikannya, angka konsumsi ikan nasional berada di angka 54,5 kilogram per kapita per tahun. Untuk Jawa Tengah di angka 32,64 kilogram per kapita pertahun, dan untuk Jepara saat ini 32,7 kilogram per kapita pertahun. 

“Jepara punya potensi besar dalam penyedian bahan baku ikan sebagai sumber pangan sehat untuk dioptimalkan,” lanjutnya. 

Makan ikan juga berdampak besar bagi pemenuhan gizi di seribu hari pertama kehidupan (HPK) dan mencegah stunting. “Ayo makan ikan untuk cegah stunting di Jepara,” jelas Edy. 

Dalam kesempatan itu, turut diserahkan bantuan secara simbolis bantuan kepada ibu dan balita. Juga bantuan kepada nelayan seperti sarana penangkapan ikan, asuransi nelayan, bantuan sarana produksi pakan hingga bantuan langsung tunai bagi nelayan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Jepara Wasiyanto mengungkapkan jika produksi perikanan tangkap di Jepara mencapai 12 ribu ton per tahun. Sedangkan perikanan budidaya sekitar 11 ribu ton dengan jenis ikan lele dan nila.

 “Produksi perikanan tangkap kita memang ridak terlalu banyak, tetapi kebutuhan bisa ditopang juga dengan perikanan budidaya,” jelasnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *