Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Jepara Siap Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Turunkan Jumlah ATS

Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif (tengah) dalam Dialog Interaktif Tamansari Menyapa pada Kamis (2/5/2024) di Radio R-Lisa FM Jepara.

KlikFakta.com, JEPARA – Peningkatan mutu pendidikan dan penurunan jumlah anak tidak sekolah (ATS) merupakan salah satu indikator peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Jepara.

Demikian ungkap Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif dalam Dialog Interaktif Tamansari Menyapa pada Kamis (2/5/2024) di Radio R-Lisa FM Jepara.

Gus Haiz, sapaan akrabnya menyebut DPRD Jepara berupaya mengatasi persoalan ATS dengan menyusun Perda tentang Ketahanan Keluarga. Tujuan terbitnya aturan ini untuk memenuhi kebutuhan pendidikan keluarga.

Pasalnya, menurut Gus Haiz, pendidikan adalah investasi utama bagi orang tua.

Lebih lanjut, Gus Haiz menyampaikan peran serta semua pihak mulai dari bawah sangat perlu.

“Harapan kami memang dilaksanakan secara masif untuk menurunkan ATS. Bukan hanya lembaga pendidikan. Tetapi dari tingkat bawah melalui RT dan RW harus mempunyai peran yang sama, dan yang paling penting adalah peran keluarga,” kata Gus Haiz.

Ia turut menekankan perlunya pemutakhiran data supaya perencanaan dan penganggaran tidak sia-sia.

“Data ini selalu harus diupdate, libatkan kolaborasi antara Disdikpora dengan Bappeda, ATS harus didata secara update, data sebagai langkah awal, tanpa data yang valid anggaran dan perencanaan bisa muspro (percuma),” ujarnya.

Di sisi lain, Ana Khomsanah selaku Ketua Dewan Pendidikan Jepara menyorot salah satu faktor permasalahan ATS yang ada di lapangan. Yakni karena adanya tindak kekerasan seksual dan bullying di lembaga pendidikan.

“Perlu ada upaya komunikasi terus menerus dan itu kewajiban kita semua, masyarakat berkewajiban mengubah pola pikir masyarakat tentang betapa pentingnya pendidikan,” tegas Ana.

Tepat pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, Gus Haiz dan Ana Khomsanah berharap pendidikan di Jepara ini betul-betul bisa dievaluasi bersama. Bergandeng tangan semua pihak untuk perbaikan ke depan sehingga pendidikan betul-betul bisa untuk mengantarkan Jepara yang lebih maju.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • I am not sure where youre getting your info but good topic I needs to spend some time learning much more or understanding more Thanks for magnificent info I was looking for this information for my mission