Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

4.207 Anak di Jepara Kembali ke Bangku Pendidikan

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-Alun I Jepara, Kamis (2/5/2024)

KlikFakta.com, JEPARA – Sebanyak 4.207 anak tidak sekolah (ATS) di Kabupaten Jepara telah kembali ke bangku pendidikan. Mereka semula tak bersekolah dan akhirnya dapat mengenyam pendidikan.

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta menegaskan, para pendidik diharuskan mampu menghadirkan proses pembelajaran yang menyenangkan, agar terus memicu hasrat anak bersekolah.

“Ciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan agar semangat anak-anak kita untuk terus sekolah, senantiasa terjaga. Jangan sampai ada nama baru dalam daftar ATS di Jepara,” ujarnya saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-Alun I Jepara, Kamis (2/5/2024).

Pihaknya mencatat, pada April 2023 lalu masih terdapat 5.230 ATS di Jepara. Sedangkan pada April tahun ini, 4.207 anak telah kembali bersekolah, menyisakan 1.023 anak tidak sekolah.

“Kita telah berhasil mengembalikan begitu banyak ATS ke lembaga pendidikan,” kata dia.

Karenanya pada pelaksanaan Merdeka Belajar, guru dituntut mampu melaksanakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Sekaligus mampu mengoptimalkan seluruh bakat dan potensi spesifik yang dimiliki oleh anak didik.

“Kepada bapak dan ibu guru, terus meningkatkan kompetensi dan berproses dalam pengembangan diri,” tuturnya.

Momentum tersebut diharapkan dapat memperkokoh tanggung jawab, komitmen, dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah. Utamanya membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

“Model-model ekonomi ramah lingkungan yang telah ada, harus terus kita promosikan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi yang akan datang,” kata dia.

Dalam upacara itu, Edy Supriyanta turut menyerahkan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya.

Penghargaan itu diberikan bagi pegawai yang berprestasi dan berdedikasi selama 10, 20, dan 30 tahun. Salah satu penerima gelar 30 tahun adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Sujatmiko.

Ia kemudian bersama jajaran Forkopimda, Sekda, Kepala Disdikpora, Kemenag Jepara, dan Baznas menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba karnaval Hari Kartini. Mulai dari jenjang SMP, SMA, serta kategori umum.

Dalam kesempatan yang sama, turut pula diserahkan bantuan peralatan mengukir. Itu sebagai tanda dimulainya pelatihan ukir untuk guru dan siswa SD maupun SMP. Ada juga bonus hadiah kepada kelompok barisan peserta upacara paling disiplin.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *