Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Mudik Gratis Kudus Tahun Ini Pakai 3 Bus

Ilustrasi pemudik (Foto: bapelkessemarang)

KlikFakta.com, KUDUS – Tahun ini Pemkab Kudus menyiapkan anggaran Rp60 juta untuk menyelenggarakan mudik gratis dari Jakarta ke Kudus menggunakan 3 bus.

“Jika tahun lalu mudik gratis ada dukungan anggaran dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kudus, maka tahun ini anggaran Rp60 juta itu murni dari APBD Kudus semua,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Catur Sulistyanto di Kudus, Kamis (28/3).

Ketiga bus disewakan dari Semarang dan akan berangkat jika sudah ada jadwal pemberangkatan.

Sementara kapasitas penumpangnya sebanyak 144 tempat duduk.

Catur mengatakan kursi penumpang langsung penuh begitu pendaftaran pemudik dibuka. Sehingga pendaftar setelahnya tidak mendapat kesempatan.

Menurutnya, tingginya antusiasme masyarakat lantaran harga tiket sangat mahal hingga bisa mencapai Rp700 ribu per orang.

Karena itu, pihaknya akan mempertimbangkan penambahan armada bus mudik gratis untuk tahun depan.

“Tahun depan akan kami pertimbangkan untuk penambahan armada, agar yang merasakan mudik gratis juga semakin luas,” ujarnya.

Dalam pembukaan pendaftaran tersebut, Dinas Perhubungan Kudus berkoordinasi dengan paguyuban warga Kudus yang ada di Jakarta untuk pendaftaran peserta mudik gratis.

“Kami juga melakukan verifikasi terhadap nama-nama yang disetorkan untuk memastikan bahwa mereka memang warga Kudus,” ujarnya.

Keberangkatan para pemudik dijadwalkan pada 6 April 2024 mendatang dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pelepasan akan dilakukan oleh Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana.

Selain penyediaan bus mudik gratis, Pemprov Jateng juga meminta Pemkab Kudus menyediakan armada bus arus balik.

Namun karena belum tersedia anggaran, maka akan diusulkan pada tahun anggaran 2025

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *