Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Mobil Dinas Baru, Pemkab Jepara Gunakan Mobil Pelat Hitam

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko mengecek 9 kendaraan sewa untuk 9 kepala bagian di lingkungan Setda Jepara setelah satu bulan pertama digunakan (Istimewa)

KlikFakta.com, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melakukan pengadaan 25 unit mobil dinas baru merk Toyota Avanza di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara  dengan sistem sewa.

Dalam kajian yang dilakukan, pola itu dinilai lebih efektif dibanding pembelian unit kendaraan baru.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko, pada Senin (12/2/2024).

“Sesuai hasil kajian Asisten III (Asisten Administrasi Umum Sekda Jepara) dan BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah), sistem sewa lebih murah dan efisien dibanding membeli. Ini pilot project, semoga hasilnya baik,” kata Edy di halaman kantornya.

Dirinya juga mengecek 9 kendaraan sewa untuk 9 kepala bagian di lingkungan Setda Jepara setelah satu bulan pertama digunakan.

Sekda Jepara juga menyerahkan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan plat nomor kendaraan operasional tersebut.

Karena sewa, mobil dinas itu berpelat hitam. Pada bagian lambung ditempel sticker logo Pemkab Jepara dan tulisan “KENDARAAN OPERASIONAL SETDA JEPARA” dengan huruf kapital.

Dia menekankan, kendaraan dinas harus digunakan untuk kepentingan bekerja dan operasional kantor. Secara berkala kendaraan diapelkan untuk memastikan kewajaran penggunaannya.

Menurutnya, kendaraan operasional dititipkan kepada masing-masing kabag untuk dipakai sewajarnya.

“Harus dirawat dengan baik. Biaya perawatan ditanggung oleh pemakai jasa sewa, Nanti (sampai) kita buka kap mesinnya untuk melihat perawatan yang dilakukan seperti apa,” tambahnya.

Selain untuk operasional 9 bagian di lingkungan Setda Jepara, pilot project tahun pertama sewa kendaraan dinas juga dilakukan di 16 kecamatan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *