Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Troso Festival di Jepara: Ajang Promosi Tenun Khas Troso

gunungan tenun troso (KlikFakta/Nur Ithrotul Fadhilah)

KlikFakta.com, JEPARA – Pelestarian dan promosi tenun troso khas Jepara selalu digalakkan, di antaranya dengan menggelar Troso Festival.

Di tahun ke-4 ini, Troso Festival menjadi hajat besar utamanya bagi Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Jepara. Serangkaian acara turut memeriahkan seperti kirab gunungan dan tenun troso serta karnaval tenun troso.

Tak hanya mempromosikan tenun troso di kancah nasional, Troso Festival menjadi wadah pemberdayaan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM).

Karnval tenun troso menjadi satu dari sekian rangkaian Troso Festival yang dinanti-nanti oleh banyak masyarakat. Melibatkan berbagai elemen utamanya pengusaha yang menjadikan ajang tersebut untuk memperkenalkan beragam motif dan jenis tenun troso yang mereka buat.

Promosi tenun troso tentunya menjadi motor penggerak perkembangan tenun yang sudah menjadi warisan tak benda tersebut.

Petinggi Desa Troso Abdul Basir menerangkan, Troso Festival merupakan wujud kekompakkan warga dalam promosi tenun troso.

Sebelumnya, ada kelompok pemerhati tenun troso yang selalu mengadakan acara peringatan Mbah Senu sebagai tokoh pencetus tenun troso.

Basir menceritakan, Troso Festival berangkat dari kelesuan tenun troso di era kepemimpinan Jokowi. Sebelumnya, saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono terjadi lonjakan signifikan untuk permintaan tenun Troso.

“Waktu itu Pak SBY menggalakkan pakaian lurik, sampai ada motif SBY,” katanya.

Dengan ueforia terkenalnya tenun sangat berdampak pada pengrajin yang banjir orderan hingga saat itu sarung tenun menjadi tren berpakaian, sampai-sampai dieskpor ke luar negeri.

Pada tahun pertama pelaksanaan Troso Festival, keberuntungan menghampiri para pengrajin. Pasalnya setelah acara itu, ada permintaan 42.000 potong kain dari salah satu bank besar di Indonesia.

Meski menelan anggaran yang tak sedikit dan sempat dikritik, Basyir menilai sebanding dengan manfaat yang didapat, apalagi juga terbantu dengan sponsor yang ada.

“Masyarakat masih antusias sehingga terus dipertahankan,” katanya.

Saat ini, Troso Festival tak hanya diisi tenun Troso saja, tapi sudah merambah berbagai produk unggulan troso seperti keranjang dan mebel yang turut memeriahkan Troso Festival.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *