Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Penurunan AKI, AKB, dan Stunting jadi Tantangan Kebidanan

Senam bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kudus di Alun-ALun Simpang 7 Kudus pada Minggu (25/6) (Diskominfo Kudus)

KlikFakta.com, KUDUS – Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan kasus stunting masih menjadi fokus bidang kesehatan yang perlu penanganan bersama.

Hal itu diutarakan Pelaksana Harian (Plh) Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Mas’ud dalam senam bersama dalam rangka memperingati HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 72.

“Penurunan AKI, AKB, dan kasus stunting adalah tantangan yang harus kita atasi. Kita perlu bekerja bersama untuk mengurangi angka-angka tersebut,” katanya pada Minggu (25/6)

Pelaksanaan senam sehat juga menjadi rangkaian kegiatan IBI cabang Kudus dalam memperingati International Day of the Midwife (IDM). Adapun tema kegiatan ini “Satukan Langkah Dalam Transformasi Kesehatan untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti”.

Sebagai informasi, International Day of the Midwife (IDM) atau hari bidan sedunia jatuh pada tanggal 5 Mei setiap tahunnya. Tema tahun ini adalah ‘Together again: from evidence to reality‘ (bersama lagi: dari bukti menjadi kenyataan).

Sementara itu, Ketua TP PKK Kudus, Mawar Hartopo yang hadir berharap agar ada sinergi dalam memberi pelayanan kesehatan.

“Sinergi membangun pelayanan kebidanan berkualitas tinggi dan berkesinambungan. Mari kita bekerja sama untuk kesehatan ibu dan anak,” tutunya.

Peningkatan kompetensi dan keahlian bidan melalui pendidikan dan pelatihan sesuai perkembangan teknologi juga menjadi hal penting.

Karena dengan hal itu akan memperkuat dasar pengetahuan berbasis bukti.

Mawar Hartopo mengatakan, pendidikan dan pelatihan akan “menghasilkan pelayanan yang lebih baik dan berkelanjutan kepada masyarakat.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *