Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Miliki Wisata Strategis Karimunjawa, Terminal di Jepara Diusulkan jadi Tipe B

(KlikFakta/Istimewa)

Klikfakta.com, Jepara – PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta menyambut baik usulan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah untuk menaikan status salah satu terminal di Jepara yang semula tipe C menjadi tipe B.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Jepara saat audiensi dengan Dishub Provinsi Jawa Tengah di Ruang Command Center pada Rabu (10/5/2023).

“Posisi saat ini, kami tidak ada merencanakan anggaran tipe B. Tapi kalau dari provinsi, kami sangat berterima kasih,” terang Edy.

“Untuk terminal mana yang mau ditingkatkan statusnya, prinsip Pemkab Jepara nderek mawon (ikut saja), misalnya Welahan atau Pecangaan. Nanti ground check (pengecekan lapangan) bersama-sama,” sambungnya.

Kepala Bidang Jaringan Transportasi dan Perkeretaapian Dishub Provinsi Jateng Agung Pramono memaparkan, di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Tengah tahun 2018-2023, Dishub Jawa tengah menargetkan akan ada 5 terminal tipe B di Jawa Tengah.

Tujuannya, untuk mendukung pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi daerah. Di jepaar sendiri memiliki potensi pengembangan ekonomi salah satunya di Karimunjawa.

“Terminal tidak hanya simbol transportasi juga sebagai simbol ekonomi. Harapan kami memang potensi di Jepara itu pariwisata karena ada Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi di Karimunjawa,” terang Agung.

Ia menambahkan, saat ini di sektor perhubungan udara sudah ada Bandara Dewandaru dan di perhubungan laut ada tol laut yang singgah di Jepara.

“Harapan kami sektor transportasi darat mungkin ada konektivitasnya dengan Karimunjawa. Entah itu dari terminal tipe B, nantinya jadi simpul ke Karimunjawa yang bisa mengantarkan ke destinasi Karimunjawa,” jelas Agung.

Sebagai informasi, nantinya jika di Jepara memiliki terminal dengan tipe B, maka dapat melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES). (Adv).

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *