Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Budi Karya Meminta Masyarakat Mudik Mulai 13 April

Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: CNNIndonesia)

KlikFakta.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumandi meminta agar masyarakat mulai berangkat mudik pada 13 April.

Ia tidak menyarankan mudik di tanggal dekat lebaran, terutama 19-20 April.

Lantaran pada tanggal itu diperkirakan terjadi puncak arus mudik.

“Kita anjurkan pemudik mulai besok (Kamis, 13 April). Mudiklah lebih awal. Jangan 19-20 itu padat sekali,” ucapnya dalam pelepasan Mudik Tim CNNIndonesia, Rabu (12/4).

Budi Karya mengatakan, pihaknya sampai-sampai menyediakan berbagai diskon dan intensif bagi mereka yang mau mudik lebih awal pada periode 13-18 April 2023. Intensif ini sepeti diskon tarif tol sampai kapal laut.

“Diskon dari tol, diskon dari udara, selama ini nggak ada diskon, sekarang ada diskon. Kereta api dan bus juga ada diskon,” katanya.

Guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat puncak mudik, Kemehub sudah menyiapkan skenario rakayasa lalu lintas. Seperti contra flow, one way, ganjil genap, pembatasan angkutan barang, hingga manajemen rest area.

Sementara pemantauan arus melalui command center yang berpusat di Kantor Kemenhub.

“Jadi kita bikin command center semoga mudah koordinasi dengan seluruh Indonesia. Lewat layar ini saya bisa melihat langsung kepadatan secara real time,
kata Budi Karya.

Sebelumnya, Kemenhub memprediksi jumlah pemudik tahun ini mencapai 123 juta orang. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya yang di angka 80-an juta.

Presiden Jokowi pun sempat memperingatkan berbagai pihak untuk hati-hati dalam menangani arus mudik.

“Tahun kemarin 86 (juta pemudik), ini 123 juta. Hati-hati, angka ini hati-hati,” kata Jokowi saat memberi keterangan pers di Pasar Selo, Boyolali, Senin (10/4).

Sumber: CNNIndonesia, Detik Finance

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *