KlikFakta.com, JEPARA – Langkah Strategis Pembangunan Desa Paska Pilpet menjadi tema Dialog Ngobrol Bareng Agus Sutisna (Gobras) di Radio R-Lisa Jepara, Senin (21/11/2022). Hadir dalam dialog tersebut sebagai narasumber Ketua Komisi A DPRD Jepara Agus Sutisna, Kabid Komunikasi Diskominfo Jepara Muslichan, serta moderator M. Syafrudin. 

Ketua Komisi A DPRD Jepara Agus Sutisna mengatakan, keberhasilan Pilpet serentak pada 14 November 2022 mencerminkan kematangan masyarakat Jepara dalam berdemokrasi. Dia berharap kedewasaan tersebut dipertahankan dan ditingkatkan.

“Partisipasi masyarakat merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pemilihan umum baik itu petinggi, kepala daerah, anggota legislatif maupun presiden. Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat, semakin terlegitimasi suatu proses Pemilu,” kata Agus. 

Setelah Pilpet, maka setiap petinggi dan segenap pengurus desa bisa menyiapkan langkah strategis membangun desa.

Dia mengungkapkan, langkah-langkah strategis yang dilakukan ini harus sesuai dengan perencanaan pembangunan kabupaten, provinsi dan nasional. Ada enam langkah-langkah strategis yang harus dituangkan dalam rencana pembangunan masyarakat desa. 

“Pertama seorang pemimpin harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dijajaran perangkat dan juga meningkatkan kualitas SDM masyarakat. Kedua, berbasis masyarakat yang sehat. Ketiga, meningkatkan pembangunan infrastruktur. Keempat, menciptkan pemerintah yang baik, bersih dan berwibawah. Kelima, meningkatkan peran aktif lembaga di masyarakat desa, dan terkahir meningkatkan kesejahteraan sosial,” paparnya.

Agus Sutisna berharap pemanfaatan Program Dana Desa melalui BUMDes dapat memaksimalkan potensi lokal berbasis masyarakat sehat dan juga perencanaan program anggaran yang cukup untuk memenuhi urusan wajib pelayanan dasar yang meliputi pelayanan dasar bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang seni, budaya dan adat istiadat desa. 

“Peran aktif lembaga desa sebagai wadah partisipasi masyarakat dan penyalur aspirasi masyarakat dalam berbagai aspek juga perlu sebagai mitra pemerintah desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya. 

FERDY