Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Hujan Deras dan Angin Kencang Robohkan Puluhan Pohon di Kudus

KlikFakta.com, KUDUS – Puluhan pohon di beberapa titik di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah roboh. Terjadinya pohon tumbang itu diakibatkan adanya hujan deras yang disertai angin kencang.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, 17 November 2022. Pohon tumbang yang terjadi pada siang tadi itu juga mengakibatkan kerusakan fasilitas umum, hingga memutuskan kabel listrik dan juga jaringan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus mencatat, ada 12 titik yang mengalami pohon tumbang. Dari tumbangnya pohon tersebut mengakibatkan kerusakan fasilitas umum, motor yang terparkir dipinggir jalan hingga kerusakan bangunan sekolah.

Berikut 12 titik yang mengalami pohon tumbang yakni, Kompleks Perkantoran Mejobo Desa Megawon Kec. Jati,
Jalan Sudirman (Depan Polsek Kota, Depan Pegadaian), Jl. Kudus-Jepara Desa Garung Kidul Kec. Kaliwungu.

Kemudian, Jalan Kauman Desa Besito Kec. Gebog, Jalan Hadiwarno – Krawang Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo, JalanSunan Kudus Desa Demaan Kec. Kota, Jalan Patimura Desa Getas pejaten Kec. Jati ( depan smp 1 jati), Jalan Bareng-Colo Desa Hadipolo(krawang) Kecamatan Jekulo, Jakan Lingkar Utara Desa Peganjaran Kecamatan Bae.

Selanjutnya, SD Pedawang Desa Pedawang Kecamatan Bae, Jalan Gondangmanis Desa Gondangmanis Kec. Bae ( SMAN 2 Bae), dan Jalan Kapten Ali Mahmudi Desa Panjang Kec. Bae.

Kepala BPBD Kudus, Mundir menjelaskan, puluhan pohan yang tumbang dibeberapa titik tersebut sudah ada yang dalam kondisi tua dan lapuk. Hingga hal itu menjadikan pohon yang sudah tua dengan mudah tumbang.

“Dalam peristiwa yang terjadi tadi, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Hanya saja beberapa fasilitas umum rusak,” jelas dia.

Lanjut Mundir, ada dua sekolah yang mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang, yaitu TK Getas pejaten dan SD Pedawang.

“Kerugian matrial yang dialami TK Getas Pejaten sebanyak Rp 1 juta dan untuk SD Pedawang sebanyak Rp 5 juta,” ujarnya. (Yy/Jm)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *