Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Jangan Beli Foundation Kalau Belum Tahu Ini! Apa Arti N, W, dan C?

KlikFakta.com, KUDUS – Berbagai merk foundation kini beredar luas di pasaran. Bagi para pemula make up, tentu hal ini akan menimbulkan banyak kebingungan. Mulai dari shade vanila sampai beige atau huruf N,W, dan C.

Ketika berbelanja di toko, customer service akan mengarahkan anda memilih shade yang paling cocok. Namun berbeda ketika anda belanja online. Tingkat kesulitan akan berkali lipat, terutama bila menjumpai kode huruf N, W, dan C.

Beberapa merk foundation dan cushion memiliki kode tersebut untuk menandakan undertone kulit. Ini penting berkaitan dengan rona yang akan didapat, jika salah maka bisa saja foundation anda jadi abu-abu.

Merk seperti BLP serta brand Korea seperti Etude House, Innisfree, dan Nature Republic umumnya memiliki kode huruf tersebut. Karena itu, penting bagi anda membaca artikel ini sebelum membeli foundation.

Undertone

Undertone berbeda dengan skin tone. Skin tone artinya warna kulit yang tampak langsung tanpa mencari tahu lebih jauh. Contoh, anda tahu kulit anda sawo matang saat bercermin. Skin tone slalu berubah, saat terkena matahari kulit akan menjadi semakin gelap.

Sedangkan undertone kebalikan dari warna kulit. Undertone tidak berubah warna dan tidak terlihat langsung. Secara umum dibagi menjadi warm, cool, dan neutral. Meskipun kulit sawo matang, tidak berarti undertone anda warm.

Undertone warm menandakan rona kuning sampai oren, undertone cool menandakan rona krim sampai merah muda. Sedangkan undertone neutral memiliki warna yang hampir sama dengan warna kulit asli.

Gambar diambil dari tangkapan layar kanal Youtube “Beauty Bible”

Meskipun anda memiliki warna kulit sawo matang, bukan berarti anda warm atau neutral. Begitu pula meskipun anda memiliki kulit putih gading, belum tentu anda cool.

Kulit Asia secara kasat mata memiliki rona kekuningan. Namun warna kulit ini bukan undertone.

Untuk mengetahui undertone ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

Catatan penting, ketika mencoba melakukan tes di bawah, pastikan anda di ruangan yang memiliki cahaya natural. Bukan dekat jendela atau di bawah sinar matahari.

Warna Pembuluh Darah

Perhatikan pembuluh darah anda sepanjang 1-3 cm diukur dari telapak tangan. Cocokkan dengan gambar di atas. Karena kadang tersamar, akan sulit menentukan warna apa pembuluh darah anda.

Perhiasan

Atau emas vs perak. Ambil perhiasan emas dan perak anda, pastikan memiliki ukuran sama besar. Letakkan di bagian tubuh yang tidak atau jarang terkena sinar matahari. Contohnya perut atau dada. Ini penting karena sinar matahari memengaruhi rona kulit jadi kekuningan.

Lakukan ini di hadapan cermin dan lihat perhiasan mana yang membuat anda terlihat segar dan berenergi. Beberapa orang sering bertanya-tanya kenapa perhiasan emas terlihat aneh saat dipakainya, itu karena undertonenya cool.

Jika anda lebih cocok menggunakan perhiasan perak maka undertone anda cool. Jika emas, maka undertone anda warm.

Masih bingung? Biasanya ini karena kita memiliki warna favorit. Itulah saatnya anda harus meminta pendapat orang terdekat. Mana perhiasan yang terlihat paling bagus di kulit anda.

Kertas

Masih belum menemukan undertone anda? Cobalah pakai kertas atau kain. Ambil warna putih dan krem atau putih tulang. Sandarkan kain atau kertasnya di pundak. Amati melalui cermin, mana warna yang membuat anda terlihat fresh. Atau mungkin anda sering bertanya-tanya mengapa warna broken white tidak cocok dengan gaya busana anda? Itu artinya anda memiliki cool undertone.

Lebih cocok warna putih menandakan anda cool undertone. Sedangkan lebih cocok warna krem atau broken white menandakan anda warm undertone.

Kalau ketiga tes di atas masih membuat anda bingung. Cobalah bermain di bawah sinar matahari dan amati perubahan kulit anda. Jika anda berubah merah atau sunburn atau “raimu dadi abang ireng” kemungkinan anda cool tone.

Ini karena salah satu kriteria undertone satu ini adalah gampang terbakar sinar matahari dan menjadi merah. Sedangkan bagi pemilik warm tone, kulit mereka akan langsung menggelap.

Meskipun begitu, penulis tidak menyarankan anda membakar diri di bawah terik sinar matahari terlalu lama tanpa sunscreen.

Lalu bagaimana jika salah pilih undertone shade? Tidak apa-apa. Hidup ini terlalu singkat untuk tidak bereksplorasi. Karena itu sekarang kita belajar undertone agar bisa mengerti diri kita lebih baik lagi.

(MM)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *