Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kebangetan, Rutan Jepara Tidak Punya Ambulans

KlikFakta, Jepara – Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Jepara yang terletak di dekat alun-alun Kabupaten Jepara ternyata selama ini tidak memiliki fasilitas yang memadai. Salah satu fasilitas yang harusnya ada adalah mobil ambulans, tetapi sampai saat ini tempat bagi tahanan maupun narapidana tersebut tidak ada.
Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Rutan kelas II B Jepara, Slamet Wiryono. Menurutnya,  mobil ambulans merupakan satu fasilitas yang seharusnya ada di Rutan karena sangat penting ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait kesehatan para tahanan.
“Kalau ada yang sakit parah atau tiba-tiba ada yang tak sadarkan diri dan harus secepatnya dibawa ke rumah sakit, kan butuh mobil khusus. Tapi sampai saat ini kami belum punya itu,” ujar Slamet.
Lebih lanjut ia mengemukakan, seharusnya pengadaan fasilitas berupa mobil ambulan tersebut adalah dari Kementerian Hukum dan HAM. Hanya saja, lantaran anggaran terbatas, pengadaan mobil ambulans juga terbatas dan dibagi-bagikan ke Rutan yang diprioritaskan.
“Nah, bagi Rutan yang belum kebagian mobil ambulans, biasanya bekerjasama dengan Pemkab setempat untuk melakukan pengadaan. Sampai saat ini ternyata belum ada kerjasama itu,” terangnya.
Untuk itu, lanjut Slamet, dalam waktu dekat pihaknya akan membicarakan hal ini kepada pimpinan Pemkab Jepara. Apalagi kebutuhan mobil ambulans bagi pihaknya yang baru beberapa hari menjabat di Jepara tersebut sangat penting.

“Seharusnya Pemkab Jepara bisa menfasilitasinya. Apalagi yang berada di dalam Rutan Jepara juga warga Jepara sendiri. Kami akan kordinasi dengan pihak Pemkab Jepara,” imbuhnya. (KF-010)
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *