Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

SK Perpanjangan Masa Jabatan Kades di Kudus Ditarget Turun Juli Ini

Para kepala desa di Kudus mengikuti sosialisasi netralitas di Hotel Kenari Kudus, Kamis (20/6/2024) (Foto: ANTARA)

KlikFakta.com, KUDUS – Pemerintah kabupaten Kudus menargetkan penerbitan SK pengukuhan perpanjangan masa jabatan kepala desa pada Juli 2024 ini.

“Secara administrasi penerbitan SK perpanjangan masa jabatan sudah diproses. Diharapkan pekan ini selesai,” kata Pj bupati Kudus M. Hasan Chabibie. Dilansir¬†ANTARA JATENG, Jumat (21/6/2024).

Dengan begitu, kini ia tinggal mencari waktu yang tepat untuk penyerahannya. Pasalnya kabupaten tetangga sudah menyerahkan SK perpanjangan masa jabatan kepala desa terlebih dahulu.

Dari 123 desa di Kudus, yang akan mendapat SK pengukuhan perpanjangan masa jabatan berdasarkan UU yang baru ada 118 desa.

Hal ini lantaran lima daerah lainnya terjadi kekosongan jabatan kepala desa karena meninggal dunia dan satu mengundurkan diri. Kelima desa itu meliputi Desa Undaan Kidul, Colo, Loram Kulon, Burikan, dan Demangan.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Kudus yang juga Kepala Desa Berugenjang, Kiswo, mengaku tidak ada permasalahan terkait SK perpanjangan masa jabatan kepala desa sesuai aturan yang baru.

“Dari semula jabatan kepala desa enam tahun. Sesuai aturan yang baru ditambah dua tahun menjadi delapan tahun,” ucapnya.

Peraturan itu adalah UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan Kedua UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam Pasal 39 ayat (1), masa jabatan kepala desa adalah delapan tahun. Berbeda dari peraturan sebelumnya yang 6 tahun saja.

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *