Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kabar Baik! BLT Buruh Rokok Disalurkan Setelah Iduladha, Diusulkan 4 Kali!

berkah ramadan dari pembagian BLT DBHCHT bagi ribuan buruh rokok di Kabupaten Kudus pada Kamis (13/4/2023)

KlikFakta.com, KUDUS – Ada kabar baik bagi para buruh rokok di Kabupaten Kudus. Pasalnya, Pemkab Kudus akan memyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) buruh rokok setelah Iduladha nanti.

“Pemkab Kudus menjadwalkan penyaluran BLT buruh rokok tersebut setelah Hari Raya Idul Adha,” kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kudus Agustinus Agung Karyanto di Kudus, Jumat (14/6/2024). Dilansir ANTARA.

Kabar baik lain, Pemkab Kudus juga akan segera mengusulkan tambahan anggaran program BLT buruh rokok menyusul adanya tuntutan untuk BLT empat kali.

Agustinus pun mengungkap selama ini BLT di Kudus alokasinya memang untuk tiga kali.

“Anggaran yang tersedia untuk program BLT buruh rokok tahun ini sebesar Rp39,44 miliar untuk alokasi tiga bulan. Karena ada tuntutan ditambah satu bulan, kekurangannya tentu diusulkan lewat mekanisme APBD Perubahan 2024,” katanya.

Ia melanjutkan, jika usulan BLT empat kali itu sesuai dengan Pemprov Jateng yang juga menyalurkan bantuan empat kali. Nilai bantuan setiap bulannya mencapai Rp 300 ribu.

Ketua Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM-SPSI) Kudus Suba’an Abdul Rohman mengakui bahwa program BLT pada APBD Murni 2024 dari Pemkab Kudus hanya tiga kali.

“Karena Pemprov Jateng menganggarkan empat kali, makanya kami menuntut untuk ditambah satu bulan, sehingga total program BLT nantinya untuk empat bulan. Jika masih tetap tiga bisa menimbulkan kecemburuan sosial, mengingat BLT APBD Provinsi Jateng sudah dibagikan lebih awal,” ujarnya.

Penyaluran program BLT buruh rokok dari Pemprov Jateng memang sudah lebih dulu. Bahkan pekan ini sudah masuk jadwal penyaluran untuk tahap kedua.

Sebagai informasi, jumlah pekerja rokok yang menerima BLT sebanyak 65.149 orang yang ber-KTP Kudus. Karena Pemprov Jateng juga memiliki program serupa, maka 32.000 pekerja rokok di antaranya mendapatkan BLT dari APBD Provinsi Jateng. Sementara selebihnya dari APBD Kudus.

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *