Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Daniel Aktivis Lingkungan Karimunjawa Diputus Bebas, Komnas HAM Beri Apresiasi

Aktivis lingkungan Karimunjawa, Daniel Fritz Maurits Tangkilisan diputuskan bebas dari penjara, Selasa 21 Mei 2024

KlikFakta.com –¬†Pengadilan Tinggi Semarang memutuskan membebaskan aktivis lingkungan Karimunjawa, Daniel Frits Maurits Tangkilisan pada Selasa (21/5/2024).

“Komnas HAM mengapresiasi keputusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Semarang yang melepaskan Daniel Frits Maurits Tangkilisan dari segala tuntutan hukum (onslag van rechvervolging) pada 21 Mei 2024 terkait kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE),” kata Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dalam keterangan tertulis, Kamis (23/5/2024). Dilansir ANTARA.

Ia mengatakan, Komnas HAM menegaskan bahwa perkara hukum yang menimpa Daniel merupakan bentuk Strategic Lawsuit Against Public Participation (SLAPP).

Kasus itu berpotensi menjadi bentuk pelanggaran HAM terhadap pembela HAM lingkungan hidup.

Menyusul putusan bebas, Komnas HAM menilai Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Semarang telah menunjukkan sikap kredibel dan profesional.

“Sikap tersebut ditunjukkan dengan mengimplementasikan kebijakan Anti-SLAPP secara efektif dan strategis,” kata dia.

Anti-SLAPP sendiri merupakan konsep perlindungan hukum masyarakat agar tidak dapat dituntut maupun digugat secara perdata ketika memperjuangkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Ia menilai putusan bebas Daniel merupakan pembelajaran bagi aparat penegak hukum dalam menangani kasus-kasus kriminalisasi pembela HAM ke depannya.

“Putusan bebas ini juga memberikan sinyal positif bagi perlindungan terhadap pembela HAM dan upaya-upaya perlindungan lingkungan hidup yang berkelanjutan sebagai bagian dari pemenuhan dan penegakan hak asasi manusia, tuturnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *