Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pj Bupati Jepara Raih Penghargaan Pembangunan Daerah

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta meraih penghargaan pembangunan daerah dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Provinsi (Musrenbangprov) Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (29/4/2024)

KlikFakta.com, JEPARA – Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta meraih penghargaan pembangunan daerah saat mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan Provinsi (Musrenbangprov) Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, pada hari Senin (29/4/2024).

Jalannya Musrenbangprov dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, serta dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas.

Dalam sambutannya, MenPAN-RB menyoroti ihwal pembangunan sumber daya manusia di Provinsi Jawa Tengah.

Dirinya mempersilakan generasi muda Jawa Tengah untuk mengikuti seleksi penerimaan ASN yang akan digelar mulai bulan depan.

“Untuk ASN rencananya tahun ini kita akan menerima 2,3 juta formasi. 600ribu diantaranya merupakan fresh graduate, dan Bapak Presiden sudah memerintahkan agar 200ribu disiapkan untuk ke IKN,” ujar Anas.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan Rancangan RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Jawa Tengah 2025-2045 mengambil tema Peningkatan Pembangunan Daerah yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan Didukung Dengan Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing dan Lebih Berkarakter.

Hal tersebut dirancang berdasarkan penguatan landasan transformasi yakni transformasi sosial, transformasi ekonomi, transformasi tata kelola, keamanan daerah tangguh, demokrasi substansial, dan stabilitas ekonomi makro daerah, ketahanan sosial budaya dan ekologi, serta melanjutkan 10 program prioritas pembangunan Provinsi Jawa Tengah.

“Dalam rangka mendukung proses perencanaan pembangunan prioritas tersebut, Pemerintah Kabupaten/Kota serta masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan usulan. Sampai saat ini kami sudah menerima usulan yang mencapai 55.056 usulan,” tandasnya.

Atas banyaknya usulan yang diterima, Nana Sudjana menjelaskan akan mencermati lebih mendalam mengingat kapasitas anggaran dan sumber daya namun tetap memperhatikan prioritas pembangunan daerah.

“Untuk itu kami berharap pada berbagai pihak untuk tetap berpartisipasi aktif dalam proses perencanaan pembangunan daerah Jawa Tengah tahun 2025,” imbuh Nana.

Selain melaksanakan Musrenbangprov, Pj. Gubernur Nana Sudjana juga menyerahkan penghargaan perencanaan pembangunan terbaik untuk 3 kabupaten dan 3 kota. Salah satunya diraih oleh Kabupaten Jepara yang memperoleh peringkat ketiga kategori Kabupaten Dengan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Piala penghargaan diterima langsung oleh Pj Bupati Edy Supriyanta. Dalam wawancara secara terpisah, Edy mengaku bangga atas kinerja Pemerintah Kabupaten Jepara yang telah menerima penghargaan tersebut.

“Ini merupakan penghargaan pertama yang diterima Kabupaten Jepara terkait perancanaan pembangunan. Di tahun sebelumnya kita mendapat peringkat 11, ini artinya ada peningkatan kualitas,” ucap Edy.

Dirinya menambahkan salah satu aspek yang dinilai adalah mengenai inovasi Waduk Teri (Wadah Edukasi Terintegrasi) yang mengkolaborasikan tiga perangkat daerah yakni Dinas Lingkugan Hidup dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk pembibitan tanaman, Dinas Perikanan untuk pembenihan ikan, serta Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah terkait pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Yang dinilai mulai dari perencanaan hingga manfaat yang diterima masyarakat, Alhamdulillah hasilnya memuaskan,” tandasnya.

Dirinya berharap inovasi Waduk Teri dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Selain itu, ia berharap agar di tahun selanjutnya prestasi tersebut dapat meningkat dan menghasilkan inovasi yang tak kalah bermanfaat bagi masyarakat. (adv)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • I loved as much as you will receive carried out right here The sketch is attractive your authored material stylish nonetheless you command get got an impatience over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike

  • Somebody essentially lend a hand to make significantly posts I might state That is the very first time I frequented your web page and up to now I surprised with the research you made to create this particular put up amazing Excellent job