Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pambangunan Drainase di Jalan Sunan Kudus Tahap Dua Berlanjut!

Pembangunan drainase di Jalan Sunan Kudus tahap pertama pada November 2023 lalu (Sumber: ANTARA)

KlikFakta.com, KUDUS – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus kembali melanjutkan pembangunan drainase dan trotoar di Jalan Sunan Kudus.

Proyek ini menggunakan anggaran Rp3,8 miliar dari dana bagi hasil cukai dan tembakau (DBHCHT).

“Lokasi drainase yang dibangun berada di Jalan Sunan Kudus di sisi selatan Jalan Sunan Kudus untuk melanjutkan pembangunan tahap pertama sepanjang 176 meter,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kudus Arif Budi Siswanto di Kudus, Selasa (23/4/2024).

Ia mengungkapkan pembangunan drainase merupakan upaya untuk mengatasi banjir di kawasan Perempatan Jember Kudus saat hujan deras.

Pada pembangunan tahap kedua ini, kata dia, panjang saluran drainase sekitar 496 meter dengan kedalaman 3 meter dan lebar 1,2 meter.

Sedangkan tahap pertama lalu mengerjakan sepanjang 176 meter dengan anggaran Rp2,62 miliar.

“Nantinya, pembangunan saluran drainase itu menggunakan pipa beton RCP (Reinforced Concrete Pipe),” ujarnya.

Melalui drainase itu, air hujan yang biasanya menggenang akan langsung mengarah ke Sungai Gelis. Dengan demikian tidak sampai menimbulkan banjir.

Awalnya, pembangunan drainase itu dijadwalkan pada bulan puasa. Namun tertunda akibat adanya tradisi dandangan yang melewati Menara Kudus.

Rencana pengajuan lelang elektronik dilakukan pada Mei 2024, sedangkan pengerjaannya diperkirakan antara Juni-Juli 2024.

“Pengerjaan ditargetkan selesai dalam waktu 60 hari,” ujarnya.

Untuk mendukung kelancaran pembangunan, pihaknya akan koordinasi terkait pengalihan arus lalu lintas dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan Kudus.

Sumber: ANTARA JATENG

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *