Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

KPU Pati Tetapkan 569 Bacaleg DPRD Pati dalam DCS Pemilu 2024

(foto: kominfo.go.id)

KlikFakta.com, PATI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati mengumumkan 569 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Pati dalam daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilu 2024.

Dari ratusan itu, jumlah keterwakilan perempuan sudah melebihi 30 persen.

“Dari jumlah bakal calon anggota legislatif tersebut, untuk caleg perempuannya rata-rata 36 persen,” kata Ketua KPU Kabupaten Pati Supriyanto, Sabtu (19/8/2023).

Jumlah bacaleg dalam DCS tersebut mengalami perubahan. Awalnya, ada 681 bacaleg dari 17 parpol peserta Pemilu. Namun pada masa perbaikan jumlah parpol yang ikut menyusut jadi 14 parpol dan bacalegnya berkurang jadi 569 orang.

“Sebetulnya, masing-masing parpol mendapatkan kesempatan untuk mengembalikan jumlah bakal caleg yang didaftarkan pada tahapan pencermatan rancangan Daftar Caleg Sementara (DCS),” kata Supriyanto.

Para parpol memiliki waktu pada periode 6-11 Agustus 2023 untuk melakukan perbaikan. Jika sampai tenggak waktu tidak melakukan perbaikan, maka bacaleg itu tidak memenuhi syarat.

Supriyanto mengungkapkan, dalam periode itu tidak seluruhnya bacaleg memenuhi syarat. Karenanya jumlah bacaleg dari beberapa parpol berkurang saat penetapan DCS.

Hal ini juga berakibat pada beberapa parpol yang tidak memenuhi syarat jumlah bacaleg, sehingga harus keluar dari peserta Pemilu 2024. Walhasil dari awalnya 17 parpol peserta pemilu menyusut menjadi 14 parpol.

Sebanyak 14 parpol tersebut, yakni PKN, Partai Gelora, PDI Perjuangan, PKS, Partai NasDem, PKB, PAN, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Golkar, PPP, PSI, dan Partai Perindo.

Untuk melihat lebih rinci terkait nama bacaleg yang memenuhi syarat bisa dengan mengakses laman KPU ini.

“DCS diumumkan mulai 19-23 Agustus 2023,” kata Supriyanto.

Ia menambahkan, masyarakat bisa memberi masukan dan tanggapan terkait DCS selama 19 hingga 28 Agustus 2023.

Sumber: ANTARA Jateng

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *