Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Ikan Bandeng Bisa Jadi Ikon Baru Jepara

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat temu lapang klaster budidaya ikan bandeng di Desa Ujungwatu, Jumat (21/7/2023) (Foto: Diskominfo Jepara)

KlikFakta.com, JEPARA – Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengungkapkan ikan bandeng bisa jadi produk unggulan dan ikon baru di Kabupaten Jelara.

Pasalnya, ia menilai budidaya ikan bandeng di Desa Ujungwatu Donorojo memiliki prospek bisnis menjanjikan.

Hal tersebut Edy ungkapkan saat temu lapang klaster budidaya ikan bandeng di Desa Ujungwatu, Jumat (21/7/2023). Acara tersebut merupakan inisiasi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sido Maju 2 Desa Ujungwatu.

Edy menerangkan, Pemkab Jepara fokus mendorong upaya pemberdayaan ekonomi budidaya bandeng, melalui kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait.

Hal tersebut dinilai penting agar siklus bisnis yang dibangun bisa berjalan efisien dari hulu hingga hilir.

“Kita dukung pengembangan budidaya bandeng dengan membuat brand tersendiri. Ini akan menjadi ikon buat Jepara,” kata Edy Supriyanta.

Klaster budidaya ikan bandeng di Ujungwatu memiliki luas mencapai 200 hektar dan mampu panen 480 ribu kilo per tahun. Sementara potensi keuntungan mencapai hingga Rp 4 miliar.

Ia menilai, konsep branding bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi dan ada jaminan rantai pasok yang efisien, di mana hasil produksi akan diimbangi dengan akses pasar yang terbuka.

Pengembangan budidaya yang mumpuni bisa menghantarkan ikan bandeng jadi ikon Jepara. Maka nantinya Jepara bisa menjadi model bagi daerah lain dalam upaya menggerakan perekonomian lokal dan daerah.

“Dengan adanya klaster bandeng di Desa Ujungwatu, perekonomian warga masyarakat sekitar akan meningkat. Misalnya membuat olahan seperti bandeng presto dan othak-othak bandeng,” ucapnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *