Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Upaya Disintegrasi Bangsa Makin Marak, Nilai Pancasila Perlu Dikuatkan

Wawasan Kebangsaan dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara di The Hills Vaganza dengan tema “Pemantapan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan untuk Mencegah Konflik Sosial dan Disintegrasi Bangsa” pada Sabtu (15/4)

KlikFakta.com, KUDUS – Peredaran hoak atau berita bohong hingga konflik dan upaya disintegrasi bangsa semakin marak mendekati Pemilu. Karena itu, penguatan nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam setiap warga negara.

“Pancasila merupakan ideologi yang mengandung nilai-nilai luhur. Dengan menerapkan nilai Pancasila, saya yakin bangsa Indonesia tetap harmonis,” ucap Bupati Kudus Hartop dalam Diskusi Panel Wawasan Kebangsaan dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara, Sabtu (15/4).

Kegiatan oleh Badan Kesbangpol Kudus ini bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila. Bertempat di objek wisata The Hills Vaganza, kegiatan ini mengambil tema “Pemantapan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan untuk Mencegah Konflik Sosial dan Disintegrasi Bangsa”.

Urgensi penerapan Pancasila semakin menguat sejalan dengan perkembangan teknologi yang menyebabkan hoaks dan paham radikal mudah menyebar.

Pemahaman keras ini tak jarang berujung pada upaya disintegrasi bangsa. Tak hanya itu, ancaman disintegrasi karena perbedaan pandangan politik pun sering terjadi.

“Biasanya ini yang ramai saat pemilu. Jangan sampai jadi bermusuhan karena berbeda pandangan politik. Setelah pemilu pun harus tetap rukun,” katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Kudus sekaligus Ketua DPD PAN Kudus Endang Kursistiyani mengatakan upaya disintegrasi mampu dibendung melalui tenggang rasa dan jiwa bela negara.

“Harmonisasis bangsa dapat diupayakan dengan tenggang rasa, saling menghormati satu sama lain, dan cinta tanah air,” katanya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *