Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Peran Guru PAUD, Bisa Kembangkan Karakter Anak Lewat Dongeng

Motivasi dan pembinaan kepada Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Kudus di Pusat Belajar Guru (PBG), Rabu (8/3).

KlikFakta.com, KUDUS – Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran besar bagi pertumbuhan anak. Terutama karena guru PAUD mendampingi anak di masa-masa emas anak (usia 0-6 tahun).

Bunda PAUD Kudus, Mawar Hartopo yang datang dalam kegiatan motivasi dan pembinaan pada Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Kudus di Pusat Belajar Guru (PBG), Rabu (8/3) mengatakan pentingnya peran pendidikan di PAUD untuk mengembangkan diri sesuai minat anak.

“Satu jelas harus mengajar lima belas anak, dan karakter anak tidak ada yang sama. Maka anak jangan kita banding-bandingkan,” katanya.

Guna pengembangan karakter anak, guru PAUD bisa memulainya dengan menanamkan minat literasi. Terutama melalui mendongeng atau membacakan cerita yang memiliki pesan baik.

Mawar berpendapat jika anak-anak sekarang lebih sering bermain gawai. “Kita sebagai orang tua maupun pendidik bisa membentengi anak dengan menumbuhkan minat literasi lewat mendongeng,” ucapnya.

Kemudian, Mawar melanjutkan jika lewat cerita “kita sampaikan nilai-nilai luhur yang sesuai dengan budaya kita”.

Penelitian oleh Desy Ery Dani pun mengungkapkan, mendongeng memiliki pengaruh besar dalam perkembangan karakter anak. Ini berhubungan dengan dampak pesan moral di cerita yang terserap di otak anak.

Saat mendengarkan cerita, anak mencermati perilaku tiap tokoh dan kemudian mencoba meniru serta meneladaninya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *