Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Usia Lanjut Meningkat, Bupati Jepara: Itu Barokah

Rapat Koordinasi (Rakor) peningkatan pemberdayaan lansia Kabupaten Jepara, di Ruang Rapat Sosrokartono. (KF-089)
klikFakta.com, JEPARA – Saat ini diketahui bahwa jumlah penduduk lanjut usia (Lansia) cukup tinggi. Pemkab Jepara mencatat hingga akhir tahun 2017 lalu, jumlah penduduk lansia mencapai 164.979 jiwa dengan perbandingan lansia laki-laki 82.977 jiwa, dan lansia perempuan 82.002 jiwa.
“Tingginya jumlah lansia di Jepara ini sebenarnya merupakan barokah dan menunjukkan keberhasilan kita dalam membangun kualitas hidup masyarakat Jepara,” kata Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan, dan SDM Bambang Slamet Raharjo, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) peningkatan pemberdayaan lansia Kabupaten Jepara, di Ruang Rapat Sosrokartono, Selasa (8/5/2018).
Marzuqi menjelaskan, bahwa sumbangsih dari para orang tua atau lansia masih terus dibutuhkan oleh masyarakat. Baik berupa pemikiran, nasihat atau pengalaman berharga yang dapat disumbangkan kepada generasi muda untuk berkiprah dalam pembangunan. Di samping masih banyak lansia yang produktif meski sudah renta, dari sisi pengalaman dan ketauladan masih sangat dibutuhkan, khususnya bagi generasi muda.
“Para lansia adalah aset negara dan daerah yang telah memberikan dedikasi dan pengabdian kepada bangsa dan lingkungannya,” katanya.
Selain Bambang Slamet Raharjo, hadir dalam rakor lansia siang itu, Kepala Sub Bagian Kesejahteraan dan Kesehatan Masyarakat pada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Jepara Mukaim, Kasat Narkoba Polres Jepara AKP Hendro Asriyanto, perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara, Endang Ratriasworo, dan Sekretaris Komisi Daerah (Komda) lansia Kabupaten Jepara Slamet K, serta melibatkan 75 orang peserta yang terdiri dari komda lansia kecamatan dan komisi lansia desa se Kabupaten Jepara.
Sementara itu, Mukaim mengatakan rakor lansia dimaksudkan agar koordinasi antar pemerintah dengan masyarakat untuk memberdayakan lanjut usia terlaksana dengan baik. Sehingga para lansia dapat melaksanakan fungsi sosialnya, dan berperan aktif secara wajar dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Rakor lansia dikatakannya bertujuan agar terwujudnya program kemitraan peningkatan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia di Kabupaten Jepara. “Sebab hal juga merupakan upaya untuk meningkatkan pemberdayaan bagi lanjut usia untuk mewujudkan kesejahteraan,” ucapnya.

klikFakta.com/089-Wahyu

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *